5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak

5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak – Pernah mengalami aki motor soak atau ngedrop. Tapi jangan panik dulu coba cek dengan teliti keadaan aki kalian. Penyebabnya tentu banyak mungkin dari tentu kebiasaan  buruk kita. Gawat juga kan kalau aki soak apalagi pada motor matic. Yang kick starternya cukup rumit karena harus standar 2 dan harus turun lagi dari motor.

Nah pada kesempatan kali ini kami membagikan 5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak dan cara mengatasi. Baiklah langsung saja simak dibawah ini.

1. Kiprok

5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak yang pertama adalah cek kiprok. Kiprok juga memiliki peran penting dalam pengisian aki nah jika rusak bisa bahaya efeknya overcharger ataupun sebaliknya yang ujung-ujungnya aki jadi soak atau tekor. Jadi coba cek Kiprok ini jika mengalami masalah karena tegangan dibawah 14 volt atau melebihi 15 volt saat di gas antara 4.000-5.000 RPM memang ada maslah pada kiprok solusi harus ganti.

2. Bore-up

Selanjutnya adalah melakukan Bore-up besar-besaran. Banyak tunggangan yang sudah di bore up besar-besaran namun tidak memerperhatikan hal ini seperti spul dinmo startet tidak ikutan di upgrade ya hasilnya kompresi akan jadi tinggi lalu dinamo tidak kuat untuk distarter lalu dipaksa terus dan akhirnya aki yang menjadi korban. Jadi boleh melakukan hal ini tetapi perhatikan juga hal lain alias dampaknya.

3. Stop lamp

5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak yang ketiga adalah banyak kejadian dimana stop lamp dalam keadaan terus menyala namun pemiliki motor tidak memperhatikannya. Nah jika dibiarkan arus listrik dari aki akan tersedot terus selama mesin hidup. Ini juga yang menjadi penyebab aki motor soak sob. Coba cek mungkin switch rem rusak dan ini harus cepat diperbaiki.

4. HID

5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak yang keempat karena penggantian lampu jenis HID. Lampu ini memang lebih terang dari lampu standar pabrik namun lampu jenis ini membutuhkan suplai listrik yang lebih besar. Banyak sekali memang pengguna tidak memikirkan hal ini aliasn memasang lampu HID namun tidak menyesuaikan pada spul pengisian akibanya aki cepat ngedrop. Coba kalian meminta tips dari para ahli agar pemasangan lampu HID ini bisa aman untuk aki motor kamu.

5. Klakson mobil

5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak yang terakhir adalah pemasangan klakson mobil pada motornya. Memang banyak pemilik motor yang sering melakukan penggantian klakson ini pada motornya namun perlu diketahui seperti halnya lampu HID klakson dari mobil ini memang membutuhkan tegangan lebih besar sehingga aki tidak gampang tekor. Sebaiknya tambah relay untuk menstabilkan arus listriknya.

Nah demikianlah 5 Penyebab Aki Motor Cepat Soak dan mungkin masih ada lagi penyebab lainnya. Salah satunya yang tidak kami bahas masalah kontak yang terus pada posisi on tapi motor tidak menyala. Semoga informasi ini bermanfaat  bagi kalian semua terutama bagi motor jenis matic ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com