Membuat Ban Motor Awet Tidak Cepat Licin

Ban-motor-awet-tidak-licin

Ban-motor-awet-tidak-licinCara merawat ban motor atau membuatnya agar lebih awet dan tidak cepat licin sangat penting untuk dipahami bagi seorang biker. Hal paling utama kenapa ini harus diperhatikan karena fungsi ban yang sangat vital baik untuk performa motor ataupun keselamatan pengendaranya.

Merek ban yang bagus sudah jelas akan dibanderol dengan harga yang relative lebih mahal dari produk standart pada umumnya. Namun dilihat dari kualitasnya memang tidak dapat dipungkiri bahwa dengan memilih produk kualitas baik, meskipun dengan harga selangit tentunya tidak akan pernah berakhir mengecewakan.

Ban yang baik biasanya memiliki kompon lebih lunak sehingga memang sangat bagus dalam mencengkeram  atau menapak pada permukaan jalan. Akan tetapi ada yang sangat disayangkan dari jenis ban ini yaitu sangat cepat aus atau cepat licin bahkan jika setiap hari selalu dipakai di jalanan beraspal, kadang tidak sampai setahunpun sudah waktunya meminta ganti ban baru.

Cara membuat ban motor lebih awet dan tetap mengkilap

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban menjadi lebih awet dan tidak cepat licin dengan cara cara sederhana berikut ini.

[checklist]

  • Menjaga kebersihan ban dengan rajin mencuci ketika tampak sudah kotor akan membuat karet kompon ban lebih awet dan tidak lekas mengeras sehingga daya cengkeram terhadap permukaan jalan tetap terjaga dengan optimal.
  • Hindari kontaminasi yang berlebihan antara permukaan karet ban dengan zat yang mengandung minyak karena akan merusak struktur karet yang mudah mengembang dan memicu terjadinya robek.
  • Jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standart yang tercantum pada ban untuk membuat kinerja ban tetap optimal karena tekanan angin akan mempengaruhi performa berkendara.
  • Pemakaian cairan pengkilap ban boleh digunakan dengan syarat tidak mengandung zat yang bersifat bahan bakar seperti minyak tanah atau bensin, solar dll.
  • Perlakuan yang salah sering terjadi karena tukang tambal ban yang tidak professional sehingga merusak struktur ban itu sendiri karena penggunaan alat alat servis ban yang kurang tepat.

[/checklist]

Ketika hendak memilih ban yang memiliki kualitas baik, perlu secara langsung melihat atau dengan menyentuh permukaan karet ban. Pastikan ban memiliki kompon karet yang lebih lunak dan tidak keras. Meskipun jenis ban seperti ini biasanya sangat mahal, namun akan lebih aman jika dipakai untuk melaju dengan kecepatan tinggi di jalanan. Jangan lupa untuk membaca tips cara memilih oli yang baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*