Waspadai ban depan motor yang sudah tipis

Menjaga-Ban-Depan-MotorBagi para biker sebaiknya cermat dalam menjaga kinerja serta kondisi ban depan motor yang sudah tampak menipis karena fungsi dari roda depan yang juga sangat vital bahkan lebih sangat berbahaya ketika mengalami pecah ban apalagi ketika laju kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Jika dibandingkan, resiko mengalami pecah ban antara roda depan dan belakang pada saat motor melaju kencang memang sama sama sangat berbahaya. Namun untuk ban belakang dampaknya hanya terasa langsung berat dan efek sliding masih dapat dengan mudah di kontrol.

Resiko dan bahayanya pecah ban depan

Dalam laju kendaraan baik motor roda dua maupun roda empat, posisi roda depan adalah sebagai control kemudi yang mendapatkan dorongan tenaga dari roda belakang seberat jumlah beban kendaraan di tambah dengan moment yang terjadi.

Logikanya, semakin baik posisi roda depan menapak pada permukaan jalan maka kondisi kendaraan akan mudah dikendalikan. Baca juga tentang cara merawat ban agar lebih awet dan tidak licin.

Ketika mengalami pecah ban depan pada saat kecepatan rendah, efek yang langsung dirasakan adalah kesulitan dalam mengendalikan arah sehingga sudah dapat dipastikan bahwa kendaraan bermotor akan melaju dengan tidak terarah. Lalu ketika hal ini terjadi dalam kecepatan tinggi, maka sudah dapat di perkirakan apa yang akan terjadi.

Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan kondisi ban depan yang sudah memasuki masa pakai 60% apalagi hingga 80%. Kondisi karet ban yang sudah tipis resiko pecah bisa terjadi bukan hanya karena tertusuk benda, namun juga dapat terjadi karena tekanan udara yang sudah tidak mampu diterima oleh karet ban.

Updated: April 3, 2016 — 10:51 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com