Membuat Performa Motor Matic Tetap Top Periksa 5 Komponen Ini

Agar motor matic tetap primaMeningkatkan, menambah atau membikin performa tenaga motor matic lebih kencang maksimal dan tetap stabil memerlukan setting yang tepat dan saling berhubungan diantara beberapa komponen mesinnya.

Untuk keperluan harian memang tidak perlu melakukan ubahan yang besar atau terlalu ekstrim terhadap mesin, cukup dengan beberapa tindakan kecil agar performa yang dihasilkan lebih optimal saja.

5 komponen yang sangat berperan penting untuk membuat performa motor matic lebih mantap yaitu:

[checklist]

  • Busi
  • Filter Udara
  • CVT
  • Oli (Pelumasan)
  • Ban

[/checklist]

Membuat motor matic tetap stabil dan optimal dengan tips sederhana

1. Busi

Komponen yang satu ini wajib mendapat perhatian khusus karena fungsi utama adalah sebagi pusat penyalaan (pengapian) dari bahan bakar yang sudah di suplai di dalam blok silinder.

Jangan tunggu sampai busi mati, idealnya, mengganti busi dilakukan setiap 8 ribu – 10 ribu kilometer agar pengapian tetap prima. Simak juga ulasan tentang masalah busi cepat hitam dan mati.

2. Filter udara

Sesuai dengan namanya, filter adalah penyaring. Komponen ini berperan penting untuk menghasilkan udara murni menjadi muatan segar yaitu campuran bahan bakar dengan udara yang bebas dari debu atau material lainnya.

Jika udara yang terhisap kedalam ruang bakar bercampur dengan debu atau kotoran maka sangat beresiko akan mempengaruhi proses pembakaran dan tentunya akan meninggalkan kerak.

Indonesia dengan iklim tropis tentu saja membuat komponen filter udara pada motor jadi perhatian. Apabila kotor, filter udara bisa dibersihkan menggunakan kompresor.

Tapi, sebagaimana aturan pabrikan, gantilah filter udara motor matik setiap mencapai jarak tempuh 15.000 kilometer.

3. CVT Unit

Bila pada motor manual menggunakan gear dan rantai sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, maka motor matik menggandalkan CVT untuk mentransfer tenaga menjadi putaran roda belakang.

Kotornya area CVT berpengaruh pada performa motor matik. Biasanya, komponen yang perlu diperhatikan adalah roller, v-belt, dan kampas kopling. Baca juga tentang tanda kerusakan V-belt dan komponen CVT.

4. Oli (pelumasan)

Sudah menjadi kebutuhan pokok pada setiap mesin bermotor agar dapat meredam semua bentuk gesekan menjadi lebih minim serta membuat suhu mesin tetap stabil.

Oli mesin untuk motor telah dibedakan menjadi bermacam jenis dan type sesuai dengan fungsi dan zat adiktif pelengkapnya. Simak lebih lengkap pada artikel tentang memilih oli terbaik untuk motor matic.

5. Ban

Ban merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan jalan. Kerusakan pada karet bundar ini beragam. Bisa bocor, kurang angin, hingga tapak ban yang sudah gundul.

Memilih ban tidak boleh sembarangan karena juga memiliki karakter yang beragam sesuai dengan fungsinya. Baca lebih detail tentang cara memilih dan membedakan ban basah atau ban kering serta ketahui kelebihan dan kekurangan ban tubeles.

Updated: November 30, 2016 — 6:13 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com