Mencegah Bohlam Lampu Motor Sering Putus

bohlam-lampu-motor-sering-putusBagaimana cara mencegah agar bohlam lampu depan motor yang sering putus tidak terjadi pada motor kesayangan anda? Karena seperti apapaun permasalahannya, mencegah akan lebih baik dari pada harus mengganti. Dan rupanya untuk menjaga supaya bohlam lebih awet itu sangat mudah jika mengetahui tips dan trik nya.

Sejak diberlakukannya peraturan lalulintas yang terhitung masih baru di Inonesia tentang wajib bagi para pengendara roda dua untuk menyalakan lampu utama di siang hari, hal ini rupanya juga berakibat pada timbulnya persoalan baru bagi pemiliki kendaraan bermotor yaitu usia pakai bohlam yang menjadi lebih pendek atau lebih sering putus.

Hanya ada 2 faktor teknis yang dapat memicu pemakaian bohlam terasa kurang awet yaitu:

[checklist]

  • Kualitas Bohlam. Pada dasarnya komponen yang satu ini lebih baik yang bawaan asli motor biasanya akan lebih terang dan awet dibandingkan dengan kualitas imitasi dan after market lainnya. Namun saat ini telah banyak produk variasi yang juga memiliki kualitas bagus dengan harga yang lebih mahal.
  • Kerusakan Listrik. Modifikasi dan penambahan aksesoris sejenis lampu ataupun alat elektronika lainnya, jika tidak dipasang dengan tepat dapat memicu kerusakan system kelistrikan motor dan berbahaya untuk lampu utama.

[/checklist]

Cara agar bohlam lampu motor lebih awet

Berbeda dengan motor jaman dulu yang masih memiliki saklar on off untuk menyalakan dan mematikan lampu utama, tentu saja karena durasi pemakaian yang relative lebih singkat sebab pada waktu itu hanya digunakan pada malam hari saja, maka bohlam motor masih mampu bertahan hingga usia tahunan.

Meskipun sekarang pengguna kendaraan bermotor roda dua sudah harus mematuhi undang undang berlalu lintas dengan wajib menyalakan lampu depan di siang hari, dan semua type motor baru sudah tidak dilengkapi dengan saklar on off lagi, akan tetapi masih ada sebuah oper switch atau saklar dimmer.

Memahami fungsi dimmer adalah untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain dan biasanya lampu dimmer memang memiliki bias cahaya yang lebih tinggi dibanding dengan lampu utama. Dan jika dimmer dinyalakan secara terus menerus pada waktu malam maka akan sangat mengganggu pandangan pengendara lain namun tidak akan terlalu berpengaruh jika di siang hari.

Mengetahui hal ini, sebenarnya pemiliki motor dapat menemukan solusi untuk membuat bohlam lampu utama menjadi lebih awet dan tidak sering putus. Yaitu dengan cara menggunakan dimmer untuk siang hari dan baru menggunakan lampu utama (lampu jarak dekat) hanya pada malam hari saja.

Secara undang undang tentu saja tidak akan melanggar meskipun petugas lalu lintas mengetahuinya dari pada anda harus mematikan lampu di siang hari hanya untuk sebuah alasan agar lebih awet, namun faktanya justru anda harus siap mendapatkan tilang jika kedapatan oleh pihak yang berwajib di jalan raya. Jangan lupa baca tentang Motor Yamaha matic terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com