Masalah busi motor cepat hitam dan sering mati

Busi-motor-cepat-matiMengalami masalah busi motor yang cepat hitam dan sering mati kadang sangat mengganggu apalagi ketika diperjalanan ataupun terjadi pada saat jauh dari rumah dan sulit menemukan bengkel terdekat.

Sebelum mencoba menemukan solusi cara mengatasi busi yang cepat hitam dan mudah mati maka lebih tepat jika mengetahui terlebih dahulu hal hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada busi ini.

Faktor yang membuat busi cepat rusak

Berikut ini adalah berbagai masalah yang dapat mengakibatkan buruknya pengapian pada busi motor dan cenderung menjadikan busi lebih cepat mati dan harus segera diganti.

Suplai bensin boros dan setelan udara kurang

Poin ini sering kali terabaikan dan memang agak sulit terdeteksi karena gejala awalnya tidak terasa secara signifikan. Hanya saja ketika motor sudah lama tidak mendapatkan service atau perawatan rutin dan tampak knalpot sudah mulai mengeluarkan asap hitam maka inilah tanda bahwa konsumsi bensin menjadi lebih boros dari sebelumnya.

Khususnya pada saat pagi dan mesin motor baru dinyalakan pertama kali, biasanya pada knalpot akan menyembur asap hitam pekat dan bau yang menyengat. Ini merupakan tanda bahwa seting suplai bahan bakar kurang sempurna artinya campuran antara bensin dengan udara tidak seimbang. Baca juga tentang mengatasi motor yang boros bensin.

Pada kondisi ini bensin akan bersifat lebih basah karena proses pembakaran tidak bisa tuntas sehingga ada sisa yang tertinggal pada ruang bakar dan menjadi kerak. Bukan hanya akan menempel pada kepala busi, bahkan kerak ini kelamaan juga akan mengeras menempel pada kop silinder serta permukaan klep.

Kompresi ring piston bocor oli masuk ruang bakar

Yang kedua dari penyebab busi cepat hitam dan busi cepat mati adalah karena kompresi ruang bakar yang sudah bocor akibat kondisi ring piston maupun seal klep aus.

Kejadian bocor ini berdampak pada masuknya oli kedalam ruang bakar dan membuat pembakaran tidak sempurna sehingga akan meninggalkan residu yang lebih pekat daripada gejala boros bensin. Simak juga tentang oli terbaik untuk motor matic.

Ciri cirinya adalah tampak dari knalpot motor yang mengeluarkan asap putih dan tidak berhenti meskipun kondisi mesin sudah cukup panas. Khususnya pada saat mesin benar benar dingin maka penyalaan pertama cenderung akan sulit karena kepala busi yang sangat basah akibat endapan oli mesin.

Dari kedua permasalahan di atas adalah hal yang paling mutlak mengakibatkan kerusakan pada busi sehingga usia pakai busi menjadi lebih singkat. Dengan rajin membersihkan busi memang akan membantu namun jika dari kedua masalah terebut belum terselesaikan maka lama kelamaan busi juga tidak akan dapat mampu bertahan.

Updated: November 30, 2016 — 6:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com