Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat

Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat – Overheat merupakan istilah yang terjadi pada kendaraan tak terkecuali sepeda motor. Karena overheat merupakan hal yang membuat mesin cepat panas dan tenaga motor menjadi lemah.

Memang kejadian overheat kerap melanda motor-motor lawas, namun tidak menutup kemungkinan banyak juga motor yang baru bisa overhaet. Ya dilansir dari Honda Cengkareng overheat bisa terjadi lantaran suhu pada mesin yang melewati batas normal pada komponen mesin. Hal ini disebabkan pula karena sirkulasi oli mesin yang terhambat serta hilangnya pendingin pada kinerja pada mesin. Setidaknya untuk mengatasi overhaet agar tidak terjadi adalah kalian memang harus mengetahui Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat.

Berikut ini kami mencoba memberikan tips Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat dan hal ini kami anggap bermanfaat sekali untuk kalian yang memang belum mengetahui permasahan fatal ini. Yuk langsung simak dibawah ini.

1. Ganti Oli

Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat yang pertama adalah pergantian oli. Ya selain menghindari mesin overhaet melakukan pergantian oli secara berkala dan tepat waktu dapat membuat mesin awet dan bekerja secara maksimal. Ya oli memiliki peran penting yang besar didalam mesin. Oli sebagai pelumas yang meminimilasir gaya gesekan antar komponen yang berpotensi menyebabkan kerusakan. Oli juga memiliki peran untuk mengontrol suhu didalam ruang mesin.

2. Pemilihan Oli

Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat yang kedua adalah masalah pemilihan oli. Sebenarnya pada buku petunjuk penggunaan oli sudah disertakan jenis dan tipe oli yang dianjurkan untuk mesin motor tersebut. Oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin akan membantu mesin bekerja dengan maksimal.

3. Menyetel Kerapatan Piston

Selanjutnya kalian bisa melakukan penyetelan kerapatan piston. Posisi piston dalam silender yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tidak bisa bergerak secara leluasa dan dapat menghambat saluran pelumasan oli. Hal ini juga bisa menyebabkan mesin cepat panas. Untuk malakukan penyetelan kerepatan piston bisa kamu bawak kebengkel resmi agar setelan sesuai dengan standar pabriknya.

4. Periksa Cairan Pedingin

Tips Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat selanjutnya adalah memeriksa cairan pendigin yang dikenal dengan nama water coolant. Cairan ini dialirkan melalui radiator mesin untuk mendinginkan mesin motor ketika digunakan.

Kalian bisa melakukan pengecekan pada cairan pedinginan ini apalagi setelah perjalanan jauh. Sering kejadian cairan ini berkurang karena pengguna tidak melakukan pengecekan pad motiornya tersebu.

5. Periksa Kinerja Kipas Radiator

Cara Ampuh Agar Sepeda Motor Tidak Overheat yang terakhir adalah memeriksa kinerjra Kipas Radiator. Komponen ini berfungsi mengalirkan udara segar melewati sirip-sirip radiator dan mendinginkan suhu cairan radiator. Untuk sistem kinerjanya kipas ini akan berputar saat sensor mengabarkan kalau suhu mesin dalam panas berlebih.

Mungkin itulah tips-tips yang bisa kamu ikuti, jangan anggap sepeleh permasalahan ini sebelum kerusakan lebih para lagi pada mesin kalian. Semoga informasi ini bermanfaat mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penyampaian informasi dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com