Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor

cara-manual-periksa-keadaan-busi-motor-2Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor – Kalau kemarin kita telah membahas pentingnya mengetahui keadaan part pengapian yaitu pada bagian koil nah pada kesempatan kali ini kami juga akan membahas bagian pengapian yaitu pada busi. Ya busi memang merupakan part penting dalam pengapian motor.

Ya jika busi motor kita kotor atau bermasalah maka bisa jadi motor akan susah menyala dan saat berjalan akan tersendat-sendat. Bagi kalian yang awam tentang dunia oto mungkin akan kesulitan cara mengecek busi yang baik atau akan panik jika motor mogok karena busi bermasalah. Nah berikut ini kami akan membahas Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor. Mungkin cara ini sudah banyak yang tahu namun tidak salahnya kami tetap membagikannya mungkin juga masih banyak yang belum tahu caranya.

Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor ini tidak sulit yang pertama kalian lepas dulu busi dari blok mesin motor anda dengan menggunakan kunci yang sesuai. Setelah busi terlpeas silahkan anda bersihkan, biasanya munggunakan amplas untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan.

cara-manual-periksa-keadaan-busi-motor-1

Selanjutnya Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor adalah setelah dianggap bersih jangan dulu kalian pasang busi pada blok mesin tapi tempelkan dulu busi dengan kutup masa atau body terdekat dengan keadaan terbuka. Nah coba lihat bagaimana percikan api. Jika api kecil apalagi tidak mengeluarkan api kemungkinan busi anda sudah tidak bagus lagi. Perhatikan juga jarak besi massa yang melengkung dengan elektroda tengah jangan terlalu rapat atau renggang.

Nah jika api yang dipercikan cukup besar dalam artian terlihat jelas maka busi sudah bisa dipasang dan silahkan nyalakan motor anda. Itulah Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor. Sedikit catatan, penyebab api tidak terpercik dengan baik, kecil ataupun tidak ada sama sekali bisa jadi ada kerusakan lain seperti koil atau kabel dari koil ke busi.

Oleh karena itu jika ingin memastikannya maka lepas ujung kabal yang terpasang dikatup yang terhubung ke busi lalu lakukan hal yang sama yaitu dengan menempelkan dengan massa dan lihat apinya. Jika bagus berarti memang busi anda yang bermasalah dan harus diganti juga.

Demikianlah informasi Cara Manual Periksa Keadaan Busi Motor bisa kami bagikan kepada anda, semoga bermanfaat ya. Walaupun kita tidak mahir dalam dunia otomotif namun untuk hal sederhana seperti ini kita memang harus tahu karena bisa jadi kita sedang mengalami sial dijalan yang jauh dari bengkel atau pemukiman penduduk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com