Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik

cara-membersihkan-rantai-sepeda-motor-yang-baik-2Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik – Rantai merupakan salah komponen penting dari sepeda motor. Rantai juga merupakan komponen yang sering harus dilakukan perawatan demi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Perawatan yang mesti dilakuakn yang utama dan paling utama pada rantai adalah dengan membersihkan rantai dari debu, tanah, oli kotor, dan bahkan karat yang menempel dan untuk membersihkannya juga ada cara, seperti yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini yaitu tentang Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik. Namun sebelumnya jika anda tidak rajin memeriksa kondisi rantai serta malas untuk membersihkannya bisa jadi anda akan merasakan masalah diperjalanan suatu saat nanti.

Dan kami tidak perlu menjelaskannya lagi apa saja yang akan anda alami jika malas merawat rantai sepeda motor anda. Nah jika anda termasuk orang yang perduli dengan kendaraan terutama memeriksa keadaan rantai, maka mari kita simak Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik.

Namun sebelum kita membahas Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik sebaiknya siapkan dulu alat dan bahannya. Berikut alat dan bahan yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu.

  1. Chain Lube atau Oli (Jangan oli bekas)
  2. Sikat gigi
  3. Bensin secukupnya (Bahan untuk membersihkan rantai)
  4. Wadah Untuk bensin
  5. Kain lap bekas
  6. Kunci-kunci untuk membuka tutup gear rantai

Nah itulah alat dan bahannya. Selanjutnya Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik adalah setelah anda membuka tutup gear dan rantai, lalu kalian tuangkan dulu bensin di wadah yang telah disediakan. Lalu mulailah membersihkan rantai dengan sikat gigi yang sudah dicelupkan dengan bensin.

cara-membersihkan-rantai-sepeda-motor-yang-baik

Jangan sampai ada yang terlewatkan, bersihkan rantai tersebut dan juga gear depan maupun gear belakang. Setelah dirasa bersih langkah selanjunya Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik adalah dengan mengelap seluruh bagian rantai hingga bersih dari kotoran yang masih menempel.

cara-membersihkan-rantai-sepeda-motor-yang-baik-1

Dan langkah terakhir adalahanda tinggal menyemprotkan cairan Chain Lube atau oli baru ke rantai terutama pada sambungan pinnya. Sedikit demi sedikit putar roda agar kalian bisa memastikan rantai sudah terkena cairan Chain lube. Selesai kencang rantai jika dianggap terlalu kendur dan tutup kembali penutup gear dan rantai motor kalian.

Itulah informasi Cara Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Baik. Mungkin ada cara lain yang bisa dicoba namun kami merekomendasikan cara yang kami berikan ini. Anda bisa melihat hasilnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com