Cara Memperbaiki Mesin Motor Matic Cepat Panas

Cara Memperbaiki Mesin Motor Matic Cepat Panas – Dahulu motor matic tidak begitu digemari pengendara karena alasan repot dan terlalu berat perawatannya. Namun nyatanya saat ini orang-orang sudah beralih membeli motor matic, selain lebih simple dikendarai motor matic ini semakin memiliki teknologi yang canggih. Selain itu, produsen oli sekarang sudah banyak yang mengeluarkan produk oli khusus untuk motor matic sehingga menjaga keawetan mesin.

Walaupun begitu, memang ada satu masalah pada motor matic adalah pada mesinnya yang lebih mudah panas. Jika dibandingkan dengan mesin motor transmisi manual mesin motor matic memang cenderung lebih mudah panas akibatnya tenaga juga bermasalah. Tidak disitu saja jika dibiarkan bukan tidak jadi komponen-komponen lain akan cepat rusak.

Sebenarnya untuk mengatasi mesin motor matic yang cepat panas ini tidak lah sulit karena kalian hanya perlu memperhatikan kondisi motor dan beberapa komponen yang akan kami bahas dibawah ini. Berikut ulasannya.

1. Cairan pendingin

Cairan ini atau radiator ini tidak boleh terlalu berlebih namun tidak pula berkurang. Jadi jika cairan pendingin diradiator cepat berkurang maka kalian perlu melakukan pengecekan karena kemungkinan adanya kebocoran pada kabel atau komponen yang berhubungan dengan radiator.

2. Kinerja kipas

Selain cairan pendingin peran kipas juga untuk membantu proses pendingin mesin. Pastikan kalian periksa bahwa kipas tidak bermasalah sehingga akan aman jika kalian berpergian dan tidak membuat mesin cepat panas.

3. Jenis oli

Jenis oleh yang dipakai juga berpengaruh. Jadi penting sekali untuk memilih oli yang tepat agar mesin tidak cepat panas. Seperti yang kami sebutkan diatas tadi saat ini sudah banyak oli diproduksi dengan formula khusus untuk menjaga mesin tetap awet dan mengurangi panas pada mesin jadi jangan salah pilih.

4. Waktu mengganti oli

Banyak sekali pengendara mengabaikan waktu penggantian oli padahal hal ini penting dan bisa fatal jika lalai dalam penggantian oli yang tidak tepat waktu. Oli yang berfungsi untuk mengurangi daya gesek akan berkurang daya lumasnya dalam kurung waktu pemakainnya jadi jika oli sudah lama tidak diganti dampaknya pada gesekan mesin yang tidak bagus sehingga mesin akan mudah sekali panas. Jadi aturlah jadwal penggantian oli yang benar.

Demikianlah tips cara memperbaiki mesin motor matic yang cepat panas dapat kami sampaikan. Beberapa penyebab mesin cepat panas juga karena kelalaian pengendara seperti motor yang sering diberi beban angkut melebihi batasnya sehingga tarikan motor jadi berat dan membuat motor lebih cepat panas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua.