Cara Memperbaiki Motor Matic Berkurang Oli

Cara Memperbaiki Motor Matic Berkurang Oli – Oli mesin yang berkurang tentu sangat membahayakan mesin. Oli yang berkurang ini disebabkan oleh kerusakan komponen mesin baik itu diluar atau didalam. Kekurangan oli ini berdampak pada knalpot motor yang sering mengeluarkan asap yang ngebul atau asap putih.

Lalu bagaimana melakukan pengecekan dan apa yang menyebabkan motor matic kekurangan oli?. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan oli pada motor matic cepat berkurang. Seperti artikel kami sebelumnya yang membahas tentang oli yang merembes. Nah salah satu oli yang cepat berkurang adalah salah satunya dari rembesan oli baik itu dari sela-sela mesin, baut penutup oli dan lain sebagainya.

Cara Memperbaiki Motor Matic Berkurang Oli

Tidak disitu saja, masih banyak penyebab oli cepat berkurang pada motor matic. Dibawah ini akan kami jabarkan beberapa penyebab dan juga solusi memperbaikinya. Langsung saja yuk simak ulasannya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Motor Matic Berkurang Oli

1. Ring seher atau ring piston aus

Selain dari kebocoran atau rembesnya oli baik dari sela mesin, katup seal atau baut penutup oli juga akan cepat berkurang disebabkan karena ring piston atau ring seher atau juga bisa boring yang sudah aus. Tentunya permasalahan ini akan menyebabkan oli pelumas mesin yang berada di cylinder tidak tersapu sempurna oleh ring piston yang menyebabkan oli jadi terbakar dan oli akan berkurang. Sebaiknya ganti ring pada piston atau komponen yang sudah aus tadi. Saat pemasangan ring piston pastikan urutannya jangan terbalik karena hal ini sama saja akan membuat oli masuk ruang pembakaran.

2.  Oli menguap

Oli ini akan menguap jika motor terlalu panas. Oli yang menguap adalaah karena motor yang sering kena macet. Suasana terik panas dan motor sering berhenti dalam kondisi mesin menyala suhunya akan naik semakin tinggi. Jadi semakin tinggi suhu maka semakin tinggi pula pengupan pada oli.

3.  Menaikan ukuran mesin

Melakukan bure up atau mengganti diameter piston ke ukuran lebih besar juga akan menyebabkan oli cepat berkurang. Hal ini diakibatkan karena kinerja mesin yang semakin berat dan tinggi dan dari itu oli akan mengalami penguapan. Oleh karena itu mereka yang melakukan bure up tentu tahu resiko ketika mesin motornya di bure up. Mereka harus rajin melakukan pengecekan oli jangan sampai tidak mengetahui oli sudah berkurang drastis.

Mungkin itulah beberapa penyebab oli pada motor matic sering berkurang. Intinya mesin motor yang cepat panas tentu berdampak pada penguapan oli. Selain itu kita harus rajin-rajin mengecek pada sela-sela mesin, tiap batas penutup yang diberi pack, dan juga seal pembatas agar oli tidak keluar perlu diperhatikan. Bisa jadi kurusakan pada pack atau seal yang membuat oli bisa merembes. Baut penutup oli yang sudah rusak ulirnya mestinya sudah diganti atau gunakan seal selotip sebelum baut penutup oli dipasang. Semoga informasi dari kami ini bermanfaat ya sob.