Cara Memperbaiki Motor Matic Injeksi Susah Menyala

Cara Memperbaiki Motor Matic Injeksi Susah Menyala – Selain memiliki kelebihan, motor dengan sistem injeksi juga tidak luput dari kekurangan. Motor injeksi dikatakan lebih ribet dinyalakan kalau sudah mogok. Memang akan panik pengendara yang secara tiba-tiba diperjalanan motornya mogok, apalagi motornya matic sistem injeksi tambah panik lagi. Namun sebenarnya keadaan ini bisa diatasi asal kita tahu penyebabnya.

Ya motor dengan teknologi EFI (Electric Fuel Injection) memang menggantikan tugas dari karburator. Pada sistem EFI ini komponen karburator lebih disederhanakan lagi yaitu hanya memiliki  katup gas tanpa pilot jet. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tanki melalui injector yang penyemprotannya diatur secara elektrik oleh ECU (Electronic Control Unit). Sehingga pembakaran lebih efisien.

Nah dari kelebihannya itu kenapa motor matic dengan sistem injeksi akan lebih sulit menyala dibanding motor sistem karburator.Lalu bagaimana mengatasinya. Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberap permasalahan dan cara mengatasi motor matic injeksi yang susah menyala.

1. Motor mogok karena kehabisan bensin

Penyebab sepele motor mogok ya karena kehabisan bensin. Namun memang orang-orang beranggapan jika motor injeksi habis bensin akan sulit dinyalakan. Mengapa demikian? ya teknologi EFI menyertakan tekanan bahan bakar didalam fuel line-nya, jadi ketika kehabisan bensi akan terdapat udara yang masung kedalam selang bensin. Hal ini yang akan menyebabkan motor akan sulit dihidupkan walau sudah diisi bensin. Tekanan bahan bakar terganggu dengan adanya udara didalam sistem.  Namun tidak perlu takut sebenarnya motor dengan sistem EFI telah dilengkapi sistem yang dapat membuat udara atau bleeding secara otomatis. Lalu gimana caranya? simak dibawah ini

  • Pastikan bensin telah diisi
  • Putar kunci kontak ke posisi on dan tahan sekitar 4 detik
  • Kemudian putar kembali pada posisi off
  • Lakukan 2 langkah diatas sampai 4 hingga 5 kali agar ketika kunci pada posisi ON Fuel pum akan memompa bensin kedalam saluran jika dilakukang dalam beberapa kali akan terjadi proses bleeding lalu udara akan terkumpul di ujung injector.
  • Setelah baru starter dan mesin akan menyala seperti biasa
2. Aki tekor
Berbeda dengna motor sistem karburator dimana aki dipakai hanya untuk proses starter tapi pada motor sistem injek aki berperan untuk menstabilkan kelistrikan motor. Apabali aki rusak atau tukar tentu tegangan akan drop lalu berimbas ke arus listri di ECU juga fuel pump yang juga akan drop dan motor bisa jadi mogok. Jadi pastikan aki motor kalian tidak tekor jika sudah rusak gantilah aki motor anda.
3. Fuel pump rusak
Fuel pump yang rusak dapat berdampak fatal pada motor matic injeksi karena bensin tidak keluar dai dalam injector. Untuk mengeceknya kalian cukup nyalakan kontak motor lalu dengan suara berdengung dari tanki pertanda fuel pump menyala, namun jika terdengar bisa fuel pum anda rusak dan harus diganti.
4. Kerusakan salah satu sensor
Pada sistem EFI juga menyertakan sensor yang berfungsi untuk mengecek keadaan pada area tertenu. Sensor inilah yang akan mengirimkan data yang memuat aliran udara dan suhu aliran udara intake. Jika ada kerusakan pada sensor maka akan berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna hingga mati. Biasanya masalah ini diawali dari lampu Check engine yang menyala. Untuk mengetahui lebih jelas sensor mana yang rusak anda harus memerlukan scanner atau membawanya kebengkel resmi.
5. Terkena banjir
Motor yang terendam banjir juga akan sulit untuk menyala tidak hanya pada motor injeksi saja motor karburator pun akan sulit menyala jika terendam banjir. Air dapat mengganggu sistem kelistrikan termasuk busi dan air masuk dalam knalpot. Jadi yang harus dilakukan adalah mengeluarkan air.
Semoga informasi ini bermanfaat, jika sobat ada tambahan lagi tentang penyebab dan cara mengatasi motor matic injeksi susah menyala, yuk beri komentar didalam kolom komentarnya. Sekedar tambahan agar motor tidak mudah mogok gunakanlah bensin beroktane tinggi karena motor injeksi sangat sensitif dengan bensin kualitas bururk. Selanjutnya kamu bisa memanaskan motor dipagi hari sebelum melaju agar aki terisi penuh dan terakhir rawatlah motor mu dengan rutin.