Cara Memperbaiki Motor Matic Karburator Susah Menyala

 Cara Memperbaiki Motor Matic Karburator Susah Menyala –  Motor matic bersistem karburator memang sering sekali mogok dipagi hari saat dingin. Kejadian ini memang menyebalkan disaat kita terburu-buru motor matic kita justru susah menyala. Nah nampaknya memang kamu harus mengorbankan waktu untuk mengecek masalah dan melakukan perbaikan pada motor kalian ini. Pada kesempatan kali ini kami akan menjabarkan satu persatu permasalahan yang menyebabkan motor matic sistem karburator sulit menyala.

1. Setelan karburator

 Motor matic susah menyala disebabkan oleh kandungan bahan bakar dan kondungan udara yang tidak seimbang yang mengakibatkan busi pengapian tidak bisa mematik api secara konstan karena terus dibasahi oleh campuran bensin yang berlebih. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan penyetelan udara pada karburator. Setelan ini memang benar-benar harus tepat, suruhlah mereka yang berpengalaman untuk melakuakn penyetelan pada karburator tersebut.

2. Bensin yang tidak naik ke sistem karburator

Masalah yang menyebabkan motor susah menyala dipagi hari adalah karena bensin yang susah menyala dipagi hari. Hal bisa saja terjadi karena keran vakum yang tersumbat ataupun keadaan karburator yang kotor. Kondisi ini bisa diatasi dengan memompa karburator atau istilahnya dibekep sehingga bensin bakal turun ke dalam karburator dan mesin sanggup menyala dengan gampang. Namun pada umumnya peran tuas choke adalah sama dengan trick kerja bekep ini.

Untuk mencegah bensin yang tersumbat, rajin-rajinlah membersihkan tanki atau karburator. Karburator dicuci bersih dengan bensin lalu disemprot dengan angin kompresor sehingga kotoran-kotorannya akan hilang.

3. Busi yang sudah lemah

Selain pada karburator, bagian busi juga bisa menjadi penyebab motor matic kalian susah menyala baik dipagi hari atau kapanpun. Busi yang sudah lama akan mengalami lemah atau tidak berfungsi dengan baik. Sehingga busi yang menjadi pematik api untuk terjadinya pembakaran justru tidak menyala. Kadang walaupun busi masih mematik api tetapi apinya tidak sebesar yang busi masih bagus sehingga motor akan sulit menyala. Namun pengapian lemah bukan hanya dari busi tetapi dari komponen lainnya juga bisa,seperti Koil, CDI, ECU, AKI, MAGNET, SPULL, KIPROK, dan Kabel.

4. Karbon dan kerak sisa pembakaran menumpuk

Karbon atau sisa-sisa pembakaran yang menumpuk di sektor head mesin dapat mengakibatkan mesin sulit menyala karena kompresi yang kurang. Kerak yang menumpuk dapat menghambat penyaluran api dari busi di ruang bakar. Jadi untuk mengatasinya kita harus membersihkan kerak tersebut dengan memakai carburetor cleaner atau memanfaatkan bahan bakar beroktan 92++ yang dikhususkan untuk membersihkan kerak dan sisa-sisa hasil pembakaran di cylinder head.

Nah dari pemasalahan diatas sebenarnya langkah perawatan jadi nomor satu agar motor tidak sulit di nyalakan. Pengecekan rutin dan servis yang rutin akan membuat motor kamu terus stabil. Rajin memanaskan motor dipagi juga sangat baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang sering mengalami motor matic karburator yang susah menyala dipagi hari.