Cara Memperbaiki Motor Matic Keluar Asap Putih

Cara Memperbaiki Motor Matic Keluar Asap Putih – Saat knalpot anda mengeluarkan asap berwarna putih maka itu menandakan hal yang tidak beres pada mesin motor anda. Biasanya oli ikut terbakar didalam ruang bakar ketika busi menyala. Pertanyaan apakah hal ini dianggap normal? ya jawabnya tentu tidak, karena pembakaran yang bagus dan sempurna, asap yang dikelaurkan pun tidak berwarna.

Kalau kita biarkan akan terjadi beberapa efek seperti oli akan selalu berkurang, keausan pada ring piston dan membuat tenaga menjadi berkurang selain itu oli yang ikut terbakar akan menyebabkan tumpukan kerak yang selanjutnya akan mengganggu proses pembakaran. Namun asap putih yang dihasilkan ini bukan saja berasal dari mesin atau ruang bisa juga dari komponen lain. Untuk lebih jelasnya kita simak dibawah ini.

1. Ring Piston

Penyebab paling umum dari motor matic yang keluar asap putih adalah dari ring pistonnya. Terdapat 2 jenis ring pada piston. Pertama ring untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tekanan kompresi besar dan satunya lagi ring untuk mencegah oli dari ruang engkol masuk keruang bakar. Jika ring ini sudah berbentuk tidak bulat sempurna, ada celah memungkinkan yang memungkinkan oli masuk ke ruang bakar. Jadi kalian harus mengganti ring piston yang sudah aus tersebut dengan yang baru. Untuk menggantinya cukup sulit karena harus melakukan pembongkaan mesin.

2. Silinder mesin

Masalah yang kedua ini juga berhubungan dengan ring piston namun disini yang terjadi keausan pada dinding silender atau linner. Saat mesin berkerja maka akan terus terjadi pergesekan pada ring piston dan dinding silender. Dalam jangka waktu tertentu biasanya komponen ini akna mengalami kehausan. Jika sudah terjadi keausan olih akna mudah masuk ke ruang bakar dan mesin jadi mengeluarkan asap putih. Jadi kalian harus melakukan perbaikan seperti melakukan bubut ulang silinder dan mesin motor kalian akan turun mesin.

3. Seal katup bocor

Terdapat seal katup dibagian mesin atas yang berfungsi sebagai valve untuk mengatur udara masuk untuk pembakaran dan gas buang setelah pembakaran. Dibagian kepala silider yang dipenuhi oli mesin bisa saja masuk keruang bakar jika seal tersebut sudah pecah atau rusak. Jadi untuk memperbaikinya kalian hanya mengganti seal baru.

4. Batang katup bengkok

Batang katup yang berfungsi sebagai penghubung klep dengan bagian cam ini tidak boleh bengkok. Jika bengkok maka hal ini sama dengan seal yang sudah bocor tadi. Sehingga akan terjadi kelonggoran dan oli pun bisa masuk ruang bakar. Jadi alangkah baiknya jika mengganti seal katup dan batang katupnya juga.

5. Klep terganjal atau tidak pasang dengan tepat

Kasus berikutnya adalah karena pemasangan katup yang tidak benar. Jadi kedua katup tidak boleh tertukar walaupun sam-sama katup intake. Kalau tertukar akan ada potensi bocor karena kedudukan katup tidak cocok. Untuk itu kita bisa melakukan penyekiran pada katup tersebut agar dudukan katup sesuai lagi.

6. Packing silender rusak

Packing kepala silender atau terletak diantara blok silender dan kepala silinder yang rusak dapat membuat tekenaan kompresi hilang dan oli bisa masuk keruang bakar melalui jalur perbatasan tadi. Jika oli keluar asap tidak akan berwarna namun tetap saja oli lama-lama akan merembes masuk keruang bakar dan membuat oli terbakar sehingga muncul asap putih.Pastikan packing silender kondisinya bagus dan rapat.

7. Pengaruh knalpot

Pengaruh motor berasap putih juga bisa disebabkan dari knalpot. Kenalpot yang disemprot oli memang untuk mengurangi panas sisa dari pembakaran. Oli yang disemprotkan tadi dapat terbakar karena panas tersebut sehingga knalpot bisa mengeluarkan asap putih. Namun kondisi ini tidak lah berbahaya bagi mesin terkecuali oli mesin berkurang terus.