Cara Memperbaiki Motor Matic Makin Boros Bensin

Cara Memperbaiki Motor Matic Makin Boros Bensin – Motor matic memang kerap dianggap sebagai motor yang boros, namun nyatanya borosnya bahan bakar juga disebabkan pemilik kendaraan yang tidak rajin merawat motornya atau membawanya ke bengkel untuk dilakukan servis rutin. Ada sebab dan ada akibat tentu kita yang merasakannya. Jika minyak semakin boros maka keuangan anda pula semakin boros. Biasanya konsumsi dari 1 liter pulang pergi kerja bisa jadi bertambah 2 liter tentu ini merugikan namanya.

Sebenarnya teknologi yang ada pada motor matic difungsikan untuk menghemat bahan bakar namun jika dalam waktu lama bisa jadi motor juga jadi tetap boros karena beberapa komponen dari motor yang rusak karena sudah uzur atau memang kurang perawatan. Jadi kita bisa juga mengatakan bahan bakar boros dari motor matic disebabkan kesalahan dari pabrik melainkan dari diri kita sendiri yang memakainya.

Jadi sebelum lebih parah lagi sebaiknya kita segera malakukan pengecekan dan perbaikan pada mesin motor matic anda. Yang pertama harus kalian cek adalah filter udara. Jika filter udara kotor maka aliran udara yang masuk ke dalam mesin tidak lancara sehingga semakin banyak bensin yang terbuang. Solusinya ganti filter yang sudah aus atau jika masih bagus dan hanya kotor saja silahkan dibersihkan secara berkala tergantung dari pemakaian anda.

Selanjutnya kamu bisa mengecek keadaan silender, jika silender kamu terdapat banyak kerak maka membuat pembakaran tidak sempurna dan tentu saja pengeluaran bahan bakar akan lebih banyak. Solusinya bersihkan karbon atau kerak sisa pembakaran tadi. Dan cek juga penyebab terlalu banyak kerak pada silender tersebut bisa jadi ada rembesan oli yang masuk ruang bakar. Untuk lebih jelasnya bawa saja motor anda kebengkel atau dealer resmiĀ  untuk dibongkar silindernya.

Penyebab terakhir yang membuat motor matic kamu boros bahan bakar bensin adalah dikarenakan ada kerusakan komponen CVT baik yang aus atau memang sudah layak diganti karena kerusakan parah. Komponen yang rusak atau aus ini akan membuat pergerakan atau perputaran roda menjadi berat dan butuh banyak tenaga al hasil bensin pun terkuras cepat.

Untuk solusinya yang satu ini, memang kalian harus segera membongkar CVT dan lihat komponen-komponen apa saja yang harus segera diganti apakah dari roller, V-Belt dan lain sebagainya. Pastikan juga oli gardan diganti dengan rutin agar komponen awet dan tidak menyebabkan bahan bakar jadi boros karena kinerjanya yang tidak sempurna.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda, semoga dapat bermanfaat. Pesan dari kami rawatlah motor matic anda dengan baik jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak. Jika anda terlalu sibuk untuk mengurusi motor matic anda suruhlah keluarga yang bisa mengurusnya untuk dilakukan perawatan yang rutin dari penggantian oli, pembersihan filter udara dan lain sebagainnya.