Cara Memperbaiki Motor Matic Mati Mendadak

Cara Memperbaiki Motor Matic Mati Mendadak – Jika kalian pernah mengalami masalah saat mengendarai motor matic tiba-tiba mesin mati mendadak, jangan panik dulu karena hal ini juga biasa terjadi pada motor matic. Ada tiga hal utama yang menyebabkan mesin mati mendadak seperti kelistrikan, bahan bakar habis atau tersumbat dan kompresi yang mengalami kebocoran.

Dari tiga permasalahan diatas masalah kompresi yang bocor atau kompresi yang hilang menjadi hal yang paling sering terjadi. Jika demikian maka selanjutnya kalian bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus kebengkel. Hal yang pertama harus kamu lakukan silahkan tepikan motor dipinggir jalan kalau masih ditengah jalan nanti kena tabrak kendaraan lain.hehehe

Cara pertama yang kamu lakukan adalah memastikan sistem injeksinya. Pastikan stop kontak dalam kondisi on lalu dengarkan bunyi nging pada sistem injeksi dibagian samping kiri jok dengan baik. Jika anda masih mendengar suara berdenging tadi berarti tidak ada masalah dengan sistem injeksinya.

Cara kedua adalah dengan melakukan penarikan gas secara penuh beberapa saat, jangan dilepas kemudian coba starter motor dengan kombinasi antara starter dan engkol atau kick starter secara bergantian sampai motor matic anda kembali menyala.

Selain itu ada kendala lain yang membuat motor matic anda mati mendadak seperti pengapian motor matic yang lemah. Jadi silahkan cek sistem pengapian baik dari busi, koil, CDI dan yang berkaitan dengan jalur pengapian.

Motor yang kekurangan oli juga dapat membuat mesin mati mendadak. Jika oli anda berkurang karena ada kebocoran atau rembesan maka hal ini dapat menyebabkan motor cepat panas. Oli yang ikut terbakar juga membuat motor mengelurkan asap dan oli pun bisa membasahi busi sehingga busi tidak dapat mematik api dan motorpun mati mendadak. Jadi selalu rawat motor matic anda dengan rutin terutama bagian mesinnya sebelum berpergian apalagi dengan jarak jauh.

Yang terakhir pastikan juga kondisi tanki motor bersih, karena tanki yang kotor dapat menyumbat saluran pembakaran karena kotoran tersebut terbawah oleh bensin yang mengalir. Jika bahan bakar tidak lancar mengalir atau bahkan betul-betul tersumbat maka mesin akan mati mendadak. Oleh karena itu pastikan bensin yang kalian beli berkualitas dan bersih. Dan sesekali cek lah kondisi tanki bahan bakar usahakan bersih dari kotoran termasuk karat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian. Setiap kasus motor matic mogok tentu ada penyebabnya dan tiap-tiap motor mungkin berbeda kasusnya termasuk yang kami jabarkan diatas tadi. Perlu diingat mesin motor yang mati mendadak memang dapat membuat anda panik terlebih lagi motor tersebut mati mendadak ditempat yang sepi sehingga bisa jadi anda mengalami tindak kejahatan. Pastikan motor anda selalu dalam keadaan prima, pelajari sedikit-sedikit tentang mesin dan selalu sedia segala peralatan kunci antisipasi jika motor anda mogok jauh dari bengkel.