Cara Memperbaiki Motor Matic Mogok Terendam Banjir

Cara Memperbaiki Motor Matic Mogok Terendam Banjir – Musim hujan berdampak terjadinya banjir dibeberapa desa maupun kota. Curah hujan yang begitu deras membuat sungai meluap dan terjadilah banjir yang tak dapat dielakkan. Jalan-jalan raya tergenang dan hal ini juga berimbas pada motor yang melintasi banjir tersebut. Menerobos jalan yang banjir memang salah namun karena ada yang mereka nekat dan ingin mengejar waktu hal tersebut tidak dihiraukan.

Motor yang melintas dijalanan banjir akan berdampak dengan motor yang mogok. Komponen penting motor yang terkena air inilah yang membuat motor jadi mogok. Nah jika motor matic kamu mengalami mogok karena terendam banjir maka kalian harus segera mengetahui faktor tersebut jadi mogok. Biasanya ada 3 faktor penyebabnya seperti busi basah karena terendam banjir, knalpot telah masuk air dan karena karburator kemasukan air. Nah untuk mengatasinya kalian simak informasi dibawah ini.

1. Keringkan busi

Fungsi busi untuk pematik api hingga terjadinya proses pembakaran didalam ruang bakar mesin. Apa jadinya busi tidak dapat mematik api karena basah. Motor akan mogok dan sulit menyala mesinnya. oleh karena itu segera keringkan busi motor matic kalian. Lepas busi motor matic kalian selanjutnya tutup lubang busi tadi dengan kain kering. Silanjutnya bersihkan busi tersebut termasuk bagian elektrodanya dibersihkan juga hingga kering. Kamu gunakan juga sikat dan amplas halus untuk membersihkan ujung elektrodanya karena disitu rentan kotoran menempel yang dapat membuat busi tidak mematik api.

Jika sudah selesai selanjutnya kalian buang dulu uap air yang mungkin masuk dalam mesin. Caranya cukup mudah, manfaat tutup kain tadi. pegang kain tadi untuk menutup lubang busi tersebut lalu lakuakan starter manual dengan kunci kontak posisi off. Lakukan beberapa kali hingga kamu yakini uap air sudah bersih.

2. Keluarkan air dari knalpot

Selanjutnya motor matik kamu karena disebabkan knalpot yang kemasukan air. Air yang masuk dalam knalpot dapat menghambat arus gas buang sisa pembakaran di mesin sehingga motor kamu jadi mogok. Untuk menguras air didalam knalpot kamu menunjang motor dengan standar tengah bila perlu tambah kayu atau batu. Posisikan roda depan naik keatas dan roda belakang turun kebawah pastikan air keluar dan bersih. Jika dirasa sudah kering kalian bisa juga menetes oli pada lubang knalpot agar tarikan tidak terasa berat

3. Keluarkan air dari karburator

Motor matic yang masih menggunakan karburator juga dapat dengan mudah mogok ketika banjir dikarenakan air masuk kedalam karburator. Nah untuk mengatasinya cukup mudah sob kalian tidak perlu membongkar karburator. Kalian tutup saja keran dari tanki minyak ke karburator. Setelah buka baut pembuangan pada karburator. Dan buang minyak yang tercampur air tadi. Pastikan karburator kering dan tidak lagi ada airnya.

Terakhir kamu juga melakuakn pengurasan oli karena bisa jadi mesin yang terendam membuat air rembes masuk kedalam ruang mesin sehingga bercampurlah dengan oli. Hal ini sangat berbahaya sekali bagi mesin kamu. Jadi kuraslah oli dan bersihkan mesin dengan disemprot dengan kompresor. Saran ganti saja oli jika sudah tercampur air. Selanjutnya kalian kamu bisa hidupkan motor lagi dan panaskan mesinnya. Mungkin saja cara memperbaiki motor matic yang mogok karena terendam banjir. Memang jadi ribet ya tapi itulah yang harus kita lakukan.