Cara Memperbaiki Motor Matic Tidak Bertenaga

Cara Memperbaiki Motor Matic Tidak Bertenaga – Motor matic memang saat ini menjadi daya tarik pengendara motor, tidak hanya kaum hawa tapi kaum adam pun sudah suka mengendarai motor matic yang varian serta bodi ramping dan menawan menjadi pemikatnya. Motor matic sendiri memang memiliki kelebihan sendiri dibanding motor transmisi. Namun tidak selamanya motor matic ini puas dikendarai karena motor matic juga sering bermasalah pada tenaganya yang melemah bahkan tidak memiliki tenaga yang memadai.

Kelemahan ini memang tidak menyerang pada motor matic lama saja motor matic masih baru pun bisa mengalami masalah seperti ini. Apa yang menyebabkan motor matic tidak bertenaga? sebenarnya penyebabnya cukup banyak, namun faktor utama karena kurangnya perawatan pada motor matic ini.

Untuk lebih jelas kami akan membahas lebih lengkap tentang penyebab motor matic yang tidak memiliki tenaga atau tarikannya berat. Yuk tanpa berlama-lama lagi mari langsung kita simak ulasannya dibawah ini.

1. Kerusakan pada komponen dari motor anda bisa menjadi penyebab motor matic tidak bertenaga atau tarikannya berat. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa melakukan pengecekan ketiga komponen utama motor seperti kelistrikan, bahan bakar dan kompresi mesin. Cek apakah kompresi tinggi atau rendah?, jika motor pernah turun mesin pastikan klep dan piston dinormalkan kembali.

2. Periksa bahan bakar serta saluran bahan bakar tersebut. Jika anda membeli bahan bakar dieceran biasanya anda akan mendapatkan kualitas bahan bakar yang kurang baik seperti bahan bakar yang dicampur dengan bahan lain yang berdampak motor anda hilang tenaga. Periksa juga saluran bahan bakar apakah ada penyumbatan karena kotoran dan jangan lupa untuk melakukan penyetelan udara dan gas pada karburator. Campuran udara dan bahan bakar yang pas akan membuat pembakaran lebih sempurna dan motor tentu akan bertenaga.

3. Cek bagian sistem penggerak dan aksesorisnya seperti kabel gas, v-belt, roller dan komponen lainnya yang menjadi penggerak mesin. Jika ada komponen yang rusak maka akan berpengaruh sekali pada tarikan atau tenaga motor.

Itulah beberapa penyebab yang membuat motor matic jadi tidak bertenaga. Untuk motor matic tentu perawatannya sama dengan motor biasa namun jika motor bebek bisa terlihat sistem penggerak yaitu rantai, gear depan dan belakang tentu akan lebih mudah mengatasinya namun untuk motor matic bagian sistem penggerak yang ditutup karena menggunakan sistem penggerak v-belt bukan rantai jadi kita tidak bisa melihat keadaan komponen secara langsung jika mengalami kerusakan, namun kita tetap bisa merasakannya jika ada komponen yang rusak pada komponen yang ada pada sistem penggerak motor matic tersebut. Diakhir penutupan kami, kami harap anda yang mengendarai motor yang khususnya sering melakukan perjalanan jarak jauh untuk rajin