Cara Memperbaiki Motor Matic Tidak Bisa Di Starter

Cara Memperbaiki Motor Matic Tidak Bisa Di Starter – Dengan starter sebenarnya menyalakan motor matic jadi lebih simple dan tidak perlu repot-repot kick starter. Untuk kick starter memang motor matic harus di standar tengah tidak seperti moto jenis bebek. Repot kan kalau setiap mau menyalakan motor matic harus manual. Starter motor yang tidak berfungsi sebenarnya disebabkan banyak faktor dan harus kita cek satu persatu.

Dibawah ini kami ulas tentang mengatasi motor matic yang tidak bisa di starter. Tapi sebelum lebih jauh kita membahas permasalahan ini pastikan dulu kunci kontak kalian sudah dalam posisi on ketika di starter, kalau posisi off motor tidak bisa menyala loh sob.hehehe mari kita kembali ke bahasan utama tadi seperti berikut ini.

1.Cek Starting CVT

Kondisi bagian CVT starting yang kotor dapat menyebabkan motor tidak bisa distarter. Masalah ini muncul ketika sering terdengar suara kasar pada saat tombol motor di starter. Jadi bersihkan kotoran atau endapan yang menumpuk di starting CVT.

2. Busi tidak berfungsi

Komponen matic yang berfungsi pematik api yaitu busi bisa jadi penyebab motor sulit dinyalakan tidak hanya di starter di kick starter juga kadang sulit menyala. Jadi cek busi bersihkan bagian elektrodanya atau kalau busi sudah rusak dan berusia lama kalian bisa ganti dengan busi yang baru sehingga motor bisa di starter lagi dengan mudah.

3. Aki yang tekor atau mati

Sumber kelistrikan untuk memutar dinamo starter adalah dari aki motor. Nah jika aki motor anda tekor atau mati bagaimana dinamo akan berputar saat tombol starter ditekan. Namun kalian tidak perlu langsung mengganti aki karena kalian harus betul-betul melakukan pemerisaan lebih jauh terhadap aki tersebut.

4. Bermasalahnya Saklar kelistrikan

Selain dari aki motor, kelistrikan yang terhubung dengan tombol, putusnya kabel starter. Untuk mengetahui permasalahannya coba kalian cek tombol starter dan juga kabelnya pastikan dalam kondisinya bagus. Langsung perbaiki saja jika ada kabel yang terputus tau tombol starternya rusak bisa diperbaiki atau diganti.

5. Kiprok Bermsalah

Regulator rectifier yang biasa disebut dengan kiprok berfungsi untuk menstabilkan tekanan arus listrik yang masuk kedalam aki. Ya arus listrik yang masuk ke aki memang harus diatur agar tidak kebesaran atau kekeciclan. Jika kiprok rusak maka aki bisa rusak karena pengaruh besaran arus yang masuk dalam aki. Jika aki sudah rusak seperti yang kami bahas pada motor 3 tentu starter tidak bisa dilakukan.

Mungkin itulah penyebab dan permasalahan yang terjadi ketika motor matic kalian sulit di starter. Terakhir sebelum kami mengakhiri tulisan ini kondisi dinamo yang rusak juga jadi penyebab motor tidak bisa distarter pastikan untuk melakukan pengecekan pada dinamo starter motor matic anda. Jika kalian tidak ingin repot-repot memperbaikinya kalian bisa membawanya langsung kebengkel jangan sampai betis kamu membesar karena terus mengengkol motor matic saat mau menyalakan dan repot pula jika harus pasang standar tengah atau tunjang dua.