Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor Matic

Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor Matic – Suara mesin motor matic yang kasar membuat kita jadi bertanya-tanya dan mendengarnya pun jadi tidak nyaman. Jika hal ini sudah terjadi maka kita harus segera memperbaikinya sebelum semakin banyak dana yang akan kalian keluarkan untuk memperbaikinya.

Dari berbagai penjelasan yang sering kami temui dari para montir tentu suara mesin kasar ini berasal dari CVT. Namun sebelum jauh kita membahas perbaikan suara mesin yang kasar ini tentu harus kita ketahui dulu mengapa hal ini bisa terjadi? jawabnya karena kurangnya perawatan dari komponen CVT tersebut.

Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor MaticJika sudah terlanjur terdengar suara mesin yang kasar, hal yang pertama harus kamu cek adalah bagian komponen CVT. Ganti komponen-komponen yang sudah rusak seperti v-belt yang kendur, roller yang sudah aus dan masih ada beberapa komponen lainnya. Memang kalian akan mengeluarkan biaya yang cukup untuk melakukan penggantian komponen namun jika dibiarkan saja tentu akan berdampak kepada komponen lain dan lebih besar lagi biayanya.

Cara Memperbaiki Suara Kasar Mesin Motor Matic

Untuk mengurangi atau meminimalisir kejadian mesin yang bersuara kasar ini, rutinlah merawatnya lakukan perawatan secara reguler terutama penggantian oli yang terjadwal. Penggantian oli gardan biasanya dilakukan setelah menempuh jarak 8 km sementara servis pada CVT  tiap dua atau tiga bulan sekali.

CVT ini harus dibersihkan agar tidak cepat merusakan komponen-komponen tadi. Bukan hanya bersuara kasar tetapi ada kendala lain jika komponen didalam CVT mengalami kerusakan seperti motor tidak bertenaga, mesin motor yang bergetar dan lain sebagaianya.  Selain pada CVT pada bagian mesin juga harus dirawat seperti piston, blok silender, seal katup, batang seal katup dan juga penggantian oli mesin yang rutin pula.

Agar mesin bekerja optimal dan tidak cepat rusak, lakukan penggantian komponen yang original jangan yang abal-abal atau yang bekas yang dianggap masih layak pakai. Demi menghemat dana justru nantinya akan lebih banyak lagi dana yang keluar. Merawat motor layaknya merawat diri sendiri. Bagaimana kalau jarang merawat diri bisa jadi kamu sakit begitupun dengan motor jika jarang dirawat akan cepat rusak.

Itulah tips cara memperbaiki suara mesin motor matic yang terdengar kasar. Jika kamu mampu melakukan perawatan sendiri dan tidak malas kamu akan mendapat keuntungan dari sisi biaya upah servis perawatan namun kalau kamu tidak paham mending dibawah ke bengkel motor dari pada motornya tambah parah setelah kamu bongkar sendiri.hehehe