Cara Memperbaiki Suara Knalpot Nembak Pada Motor Matic

Cara Memperbaiki Suara Knalpot Nembak Pada Motor Matic – Pernahkah kalian merasakan knalpot yang seperti nembak atau meletup-meletup saat kamu mengendarai motor matic kamu. Knalpot yang meletup ini sering terjadi saat gas turun. Sebenarnya bukan kita saja yang tidak nyaman pengendara lain tentu akan terganggu dengan suara meletup-letup tersebut belum mereka yang mudah terkejut bisa fatal kalau terkejut. Apa sih penyebabnya lalu bagaimana mengatasinya. Mari kita simak dulu pembahasannya dibawah ini.

1. Paking Knalpot mengalami kebocoran

Penyebab suara knalpot motor yang nembak-nembak bisa jadi karena ada permsalahan pada knalpotnya sendiri terutama pada paking knalpot yang tidak terkunci dengan sempurna pada blok mesin. Jika terjadi demikian maka gas buang tidak terbuang melalui knalpot sehingga munculah suara nembak-nembak apalagi pada saat gas motor matic kalian diturunkan.

Lalu bagaimana mengatasinya? ya cukup mudah sebenarnya kalian tinggal memastikan kepala knalpot terkunci dengan rapat lengkap dengan pakingnya terpasang juga. Pastikan juga knalpot anda berada pda kondisi yang optimal dan berfungsi dengan baik.

2. Setelan udara karburator tidak tepat

Bagi motor matic kalian yang menggunakan karburator maka akan menyebabkan motor bisa nembak-nembak saat gas turun jika penyetelan udara atau angin pada motor tidak tepat. Ada dua baut untuk menyetel masuknya udara dan bahan bakar. Jadi saat melakukan penyetelan kedua-keduanya harus tepat. Penyetelan karburator yang tidak tepat ini juga bisa membuat motor sulit di starter, bensin mudah banjir, tenaga kurang baik dan banyak kerak akibat asupan bensin yang cukup banyak. Untuk penyetelan karburator ini harus benar-benar kalian pahami, minta bantuan orang yang mengerti jika kalian belum paham.

3.  Masalah pada busi

Ada dua penyebab knalpot nembak-nembak karena pengaruh busi. Yang pertama busi tidak lagi berkualitas dan selanjutnya kondisi ruang pembakaran yang kotor sehingga proses pembakaran yang tidak sempurna. Jadi kalian harus cek keadaan busi, jika sudah berusia tua bisa diganti dengan yang baru atau jika masih bagus kalian bisa membersihkan ujungnya dengan amplas halus dan membersihkannya dengan sikat. Ruang bakar yang kotor dapat dipengaruh dari bahan bakar yang tidak berkualitas. Jadi gunakan bahan bahakr dengan nilai RON yang tinggi sehingga mesin dapat bekerja dengan baik dan dapat pula membantu pembersihan ruang bakar.

4. Sistem pengapian bermasalah

Sistem pengapian yang menghantarkan kelistrikan ke busi dan busi akan melanjutkannya dengan sistem pematikan. Jika sistem pengapian ini bermasalah maka pasokan listrik tidak stabil. Jadi cek lah jalur pengapian mulai dari koil, CDI, AKI, Magnet dan juga spull serta sumber pengapian lainnya termasuk kabel-kabelnya.

Nah mungkin itulah beberapa penyebab untuk mengatasi knalpot yang sering nembak atau meletup-letup. Jika kondisi ini terus terjadi setelah kamu lakukan pengecekan dari keempat bahasan kami tadi, mungkin sebaiknya kalian bawa ke bengkel motor terpercaya anda jelaskan permasalahan yang terjadi pada montir. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua yang mengalami masalah suara knalpot motor matic yang nembak terutama saat gas turun.