Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mati Saat Di Gas

Cara Mengatasi Mesin Motor Matic Mati Saat Di Gas – Motor matic bukan melaju kencang saat di gas justru malah mesin brebet dan mati. Kalau sudah begini rugi waktu dan rugi segalanya jika kita hendak berpergian. Lalu apa yang harus kita lakukan? Membawanya kebengkel tapi males ngedorong motor, ya mau nggak mau kita coba perbaiki sendiri dulu. Penyebab motor matic mati saat di gas tentu banyak faktornya dna sebenarnya tidak hanya motor jenis matic jenis motor lainnya juga bisa mengalami masalah yang sama.

Nah dibawah ini akan kami bahas beberapa oenyabab motor mati saat digas yang biasanya berkaitan dengan busi, karburator, koil, CDI, Spul, dan pulser. Yuk langsung kita cek permsalahannya pada komponen-komponen tersebut.

1. Cek dan perbaiki busi

Busi yang lemah atau mati bisa memang harus diganti yang baru. Hal ini akan membuat mesin brebet saat digas dan saat di gas lebih tinggi mesin motor langsung mati. Jadi pastikan bahwa busi kalian dalam keadaan masih bagus kalau hendak berpergian jauh. Jika sudah berusia lama atau memang sudah mati silahkan diganti yang baru.

2. Cek dan perbaiki karburator

Motor matic yang masih sistem karburator memang rentan mengalami hal seperti ini karena karburatornya. Karburator yang jarang melakukan servis atau pengecekan memang kadang akan mengalami hal semacam ini. Jadi ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk perbaikan karburator dibawah ini.

  • Buka karet filter, lepas dan putar ke samping untuk melihat mulut karburator
  • Tutup mulut karburator dengan telapaka tangan namun jangan terlalu rapat
  • Kick Starter sampai tangan terasa basah oleh bensin
  • Kemudian nyalakan mesin motor dan putar gas secara perlahan
  • Jika masih tersendat mesinnya maka tutuplah mulut karburator tadi ketika mesin masih hidup
  • Untuk melakukan pengecekan lebih jauh tutup mulut karburator dalam keadaan putaran mesin menurun dari angka RPM tinggi ke rendah
  • Kemudian gas secara perlahan, kalau motor sudah tidak tersendat-sendat lagi sudah dapat dipastikan memang karburator mulai kotor dan anda harus segera membersihkannya.
3. Perbaiki Koil, Pulser, CDI dan Spul
Untuk memperbaiki komponen pulser, koil dan CDI yang sudah rusak tentu dengan mengganti yang baru. Tapi jika kerusakan pada spul maka kalian lilit ulang spul ke ahlinya ke tukang servis. Namun lakukan pengecekan yang benar-benar sebelum memastikan spul yang rusak.
Itulah sedikit saran dari kami untuk mengatasi motor matic yang mati saat di gas. Sebenarnya jika kita rajin merawat, rajin melakuakn servis pada motor matic permasalahan seperti ini tidak akan terjadi. Kalian bisa melakukan perawatan sendiri pada motor matic kalian, namun jika kalian tidak kesempatan karena kesibukan atau memang kalian sangat awam untuk masalah otomotif, kaliain bisa membawanya ke bengkel serahkan pada montir.