Cara Mengatasi Motor Matic Bergetar Dan Tarikan Berat

Cara Mengatasi Motor Matic Bergetar Dan Tarikan Berat – Motor matic yang mesinnya bergetar dan tenaganya loyoh memang kerap menghampiri motor matic dari Honda Beat namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada motor matic dari keluaran perusahaan lain. Jadi apa masalah yang terjadi pada motor matic Honda Beat ini yang mesinnya bergetar, lalu bagaimana mengatasinya?

Tanda mesin motor matic Honda Beat mulai bergetar ketika memasuki kecepatan sedang atau menuju top speed. Kondisi seperti ini membuat pengendaranya kurang nyaman ditambaha lagi tenaga justru melemah sehingga tarikan terasa begitu berat. Faktor motor dengan mesin kecil dan beban yang berat serta usia pemakaiannya yang memasuki 3 tahun memang membuat mesinnya bergetar. Beberapa komponen yang kerap memacu mesin bergetar adalah perangkat kopling ganda, v-belt dan Roller. Komponen tersebut berada didalam box CVT dan serbaiknya memang dirawat dengan rutin.

Dan dibawah ini terdapat 3 permasalahan dari komponen tersebut sehingga kita harus memperbaikinya agar performa motor kembali seperti semula dan tidak bergetar lagi. Berkendara tentu harus nyaman baik dari kondisi tubuh yang fit kondisi motor yang prima tidak ada masalah juga memberikan efek nyaman saat berkendara. Untuk lebih jelasnya dalam mengatasi permasalahan mesin matic bergetar dan tarikan berat simak ulasannya berikut ini.

1. Kopling Ganda Aus

Kerusakan pada kampas kopling ganda atau pada mangkuknya memang membuat komponen ini menjadi tidak seimbang lagi. Oleh karena itu lakukan penggantian part baru yang sesuia standart. Kami sarankan untuk mengganti sepaket antara kampas kopling dengan mangkuknya biar seimbang dan lebih oke.

2. V-Belt kendur

V-Belt yang berfungsi layaknya seperti rantai pada motor transmisi manual memang harus tetap kencang dan tidak kendur apalagi putus. Komponen yang menyalurkan tenaga mesin menuju gear box roda ini memang sering luputan dari perhatian orang-orang awan didunia otomotif. Seperti contohnya wanita yang memang tahunya tinggal pakai motor.

Jadi apabila kondisi V-Belt sudah kendur tentu akan membuat getaran dan akan terasa sampai stang kemudi. Belum lagi tenaga yang disalurkan dari mesin ke gear box roda tidak sepenuhnya. Oleh karena itu ganti V-Belt jika sudah kendur.

3. Roller

Roller atau bantalan ini memang kerap aus sehingga bentuknya tidak lagi bulat sempurna. Untuk perbaikannya memang kita diharuskan membeli baru.

Nah itulah beberapa cara mengatasi mesin motor matic yang bergetar. Untuk mengurangi terjadinya getaran pada mesin matic Honda Beat atau motor matic lainnya maka lakukan perawatan rutin baik perawatan sendiri atau jika kalian kurang paham bawalah ke tempat servis seperti bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda.