Cara Mengatasi Rembes Oli Pada Motor Matic

Cara Mengatasi Rembes Oli Pada Motor Matic – Oli yang sering berkurang biasanya disebabkan karena merembes. Rembesan oli pada mesin ini harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah. Dibagian mana saja biasanya oli sering merembes?. Kami akan menjawab pertanyaan ini dengan membeberkannya pada artikel ini. Kami juga akan akan memberi solusi perbaikan tempat oli rembes itu. Yuk simak langsung ulasannya dibawah ini.

1. Silinder Head

Pada silinder memang sering terjadi kebocoran oli atau rembesan oli. Beberapa faktor penyebabnya antara lain O-Ring yang tutup kelp mengalami kerusakan, daya tahan atau umur pakai dari perpak atau packing silinder head sudah rusak. Jadi kita harus mengganti O-ring dan perpak atau Sealant Cylinder head gasket dengan yang baru.

2. Oli rembes dibagian kick starter motor matic

Cara Mengatasi Rembes Oli Pada Motor Matic

Jika mengalami rembes oli pada As engkol atau kick starter, kemungkinan besar penyebabnya karena seal yang terdapat As tersebut mengalami kerusakan. Ya pada As tersebut terdapat Seal yang membatasi oli agar tidak keluar jika seal sudah bocor maka oli akan merembes dan menetes jika sudah semakin parah. Sebaiknya ganti seal baru pada As tersebut.

3. Oli rembes dari sela-sela mesin motor

Jika oli rembes keluar dari sela-sela mesin maka kita harus mengganti perpak atau packing yang terdapat pada sela-sela mesin tersebut. Perpak tersebut juga bisa rusak jika sudah berusia cukup lama.

4. Oli rembes pada bak mesin, tutup kopling atau tutup CVT

Oli juga sering rembes pada tutup kopling, bak mesin dan tutup CVT. Biasanya perpak atau packing atau gasket pada tutup kopling dan tutup CVT mengalami kerusakan atau kebocoran. Dan untuk mengatasi olinya agar tidak keluar tentu kita harus mengganti perpak yang baru yang mungkin harganya tidak begitu mahal.

5. Oli rembes pada baut oli mesin

Cara Mengatasi Rembes Oli Pada Motor MaticYang terakhir sering terjadi juga adalah kebocoran atau rembesnya oli dari baut penutup oli mesin yang letakknya dibagian bawah. Biasanya ulir baut sudah aus sehinggi oli akan keluar dari sela-sela ulir baut tersebut. Baut ini juga biasanya terdapat ring, dan pengaruh ring yang sudah rusak juga bisa membuat oli rembes. Untuk mengatasinya kalian bisa mengganti baut yang baru atau memasang seal tape pada baut sebelum dipasang.

Itulah tempat-tempat dimana oli sering rembes. Masalah ini jangan didiamkan saja karena dapat fatal. Oli akan terus berkurang yang dampaknya pelumasan mesin berkurang, mesin cepat panas bahkan akan ngejim karena kekeringan oli. Jadi ketika anda mendapati ada rembesan oli dari tempat-tempat yang kami sebutkan tadi segera perbaiki yang biasanya dengan membeli perpak yang harganya berkisar dari 50 ribu sampai 100 ribu. Semoga informasi dari kami ini bermanfaat untuk anda.