Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek

Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek – Sarung jok yang rusak atau sobek sebaiknya memang diganti jika tidak diganti memang akan banyak masalah terutama kenyamanan apalagi jika dipandang kurang enak terlebih motor kita masih keadaan baru namun sarung joknya sudah rusak.

Memang ada beberapa penyebab sarung jok rusak atau sobek, seperti terkena benda tajam, terkait benda, sarung jok sudah rapuh alias sudah lama pemakaian, dan ada juga karena dicakar-cakar hewan terutama kucing.

Masalah yang paling sering dialami karena sarung jok rusak adalah saat terkena air dan air tersebut meresap kedalam busa jok saat kita duduki maka celana kita pun akan ikut basah terkadang menimbulkan bau yang kurang sedap. Oleh karena itu kita memang harus menggantinya dengan yang baru, lalu bagaimana Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek? apakah diganti sendiri atau memang harus sang ahlinya.hehe

Sebenarnya jika kalian ingin menghemat biaya kalian bisa melakukan pergantian sendiri jadi tanpa mengeluarkan upah alias cukup membeli bahan jok baru saja namun jika anda merasa tidak sanggup ya mau nggak mau harus sang ahli yang menggantinya. Nah pada kesempatan kali ini kami sedikit akan menyampaikan beberapa Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek yang mungkin bisa kamu coba sendiri.

Sebelum menuju ke langkah Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek siapkan dulu bahan dan peralatannya seperti dibawah ini.

  1. Sarung jok yang baru (Beli sesuai dengan keinginan kalian)
  2. Steples Tembak
  3. Palu Kecil
  4. Tang Cungkil untuk melepas kawat steples lama
  5. Carter atau alat untuk memotong dan merapihkan sarung jok

Berikut proses Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek

  1. Lepaskan dulu jok motor dari bodi motor (buka baut dibagian depan bawah jok)
  2. Kemudian lepaskan terlebih dahulu sarung jok lama dengan melepas kawat steples yang lama
  3. Setelah melepas sarung jok lama pastikan busa jok tidak dalam keadaan basah, jika basah silahkan keringkan dulu. Jika ada busa yang robek bisa kalian tambal dengan busa bekas lainnya dengan sedikit lem agar bentuk jok tidak berubah saat dipasang sarung yang baru.
  4. Mulai memasang sarung jok baru, agar mudah kunci dulu bagian belakang dengan steples selanjutnya mulai kebagian depan, samping kanan kiri dengan steples.
  5. Selanjutnya mulai rekatkan semua bagian secara rata. Tarik bagian jok dengan kencang baru steples dan bagian kawat steples agak dipukul dengan palu agar lebih kuat. Lakukan langkah ini dengan rapi jangan sampai bagian sarung melipat-lipat atau bergelombang.
  6. Setelah itu potong sisa sarung jok yang berlebih agar lebih rapi
  7. Selesai, tepuk-tepuk bagian jok agar kita bisa memastikan busa jok sudah lebih rapi kembali dan tidak ada bagian yang berlipat atau menggulung.
  8. Pasang kembali jok di bodi motor

Nah itulah sedikit tips Cara Mengganti Sarung Jok Motor Yang Sobek, perhatikan pada langkah 4 sampai 6, pada langkah-langkah tersebut bisa anda lakukan dengan cara anda sendiri mana yang lebih mudah dan cepat. Semoga cara ini bermanfaat untuk anda pada artikel selanjutnya kita akan membahas tips merawat jok motor dan juga cara modifikasi jok motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com