Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi

Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi – Filter udara basah tersemat pada matic injeksi seperti pada motor Honda Beat PGM-Fi dan Honda Vario 125 eSP. Tetapi bentuk saringan ini mirip dengan saringan pada sistem karburator. Untuk bahannya sendiri terbuat dari bahan kasa yang halus dan juga pelumas untuk menangkap debu agar tidak mengganggu sistem pembakaran.

Tapi sebelum membahas Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi berhati-hatilah dalam membersihkan saringan udara seperti ini. Menurut Meyrully salah satu mekanik bengkel resmi Honda mengatakan bahwa sebenarnya saringan udara seperti ini tidak boleh dibersihkan karena dibagian filter tersebut saja sudah ada peringatan tidak boleh dibersihkan.

Selain itu tercantum pula di buku panduan service motor matic tersebut setiap 15.000-20.000 KM filter atau saringan udara sudah harus diganti. Kalau pun harus dibersihkan ada Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi dengan menyemprotkan udara ke arah bagian dinding-dinding penyaringnya.

Namun Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi dengan menyemprotkan secara frontal maka akan merusak bahan penyaringnya. Jadi kotoran justru akan lebih leluasa masuk ke sistem pembakaran lalu tarikan motor akan lebih berat dan bahan bakar juga akan lebih boros.

Intinya Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi jangan langsung disemprotkan kearah bagian penyaring jadi semprotkan udara secara pelan dari sisi samping filter. Namun lagi-lagi cara ini memang tidak sempurna untuk mengangkat kotoran tapi setidaknya cara ini tidak merusak bagian filter langung. Jadi lakukan pembersihan seperti ini setiap pergantian oli motor.

Meyrully juga menambahkan dari pada mengikuti Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi sebenarnya lebih baik melakukan penggantian filter lama dengan yang baru meskipun jaraknya masih terbilang jauh dari hitungan anjuran pergantian filter. Pergantian ini akan memberikan hasil yang lebih baik untuk usia mesin apalagi daerah tempat tinggal dan jalan yang dilalui jalan tanah dan berdebu. Jika sekedar dibersihkan maka hasilnya juga kurang maksimal jadi alangkah baiknya diganti saja dengan yang baru.

Untuk harga filter orisinil pun masih terbilang terjangkau yaitu berkisar Rp.45.000. Jadi jika kotoran pada filter sudah menumpuk biasanya tarikan motor akan berat dan jika dibersihkan hasilnya juga kurang baik maka lebih baik mengganti saja sehingga mesin motor tetap prima. Demikianlah sedikit informasi kami tentang Cara Pembersihan Saringan Udara Motor Injeksi. Semoga bermanfaat ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*