CYLINDER HEAD GASKET / PAK DEKSEL

Head gasket adalah pelapis (gasket) antara engine block dan cylinder head,  atau blok mesin dan kepala silinder dalam ruang pembakaran mesin.

Kegunaan head gasket atau kita sebut pak deksel ini berfungsi untuk menjaga kompresi maksimal dari mesin dan mencegah masuknya/ merembesnya oli mesin atau cairan coolant kedalam silinder-silinder.

head-gasket-pack-deksel

Biaya untuk mengganti gasket itu sendiri sebenarnya murah saja, namun total biaya akan sangat tinggi karena untuk mengeluarkan gasket ini tidaklah mudah. Butuh waktu seharian untuk membongkar mesin dan mengganti gasketnya. terlebih lagi, pecahnya gasket biasanya akan disertai dengan kerusakan mesin yan serius sehingga akan mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar lagi.

Oli dan cairan coolant /pendingin adalah bagian yang sangat penting. Gasket ini berfungsi untuk mencegah bersatunya air dan oli yang ada di kepala silinder dan engine block.

head-gasket-pack-deksel-2

Intinya, kedua bagian ini sangat vital namun tidak boleh tercampur! Apabila tercampur maka akan mengakibatkan kerusakan mesin seperti oli dan keluarnya asap dari dalam knalpot. Asap yang berwarna biru menunjukkan oli yang terbakar, sedangkan asap yang berwarna putih menunjukkan cairan coolant yang terbakar.

Jika gasket benar-benar rusak, maka hal yang pertama terjadi adalah Hilangnya kompresi mesin, ditandai dengan menurunnya tenaga mesin dan mesin yang mengaum. Tekanan panas dipaksa keluar melalui sistem pendingin (radiator) alih-alih seharusnya melalui knalpot. Akibatnya coolant ikut-ikutan masuk karena kebocoran pada silinder sampai akhirnya mengakibatkan kerusakan besar.  Namun ada juga mesin yang tidak mengeluhkan apa-apa sampai semua cairan pendingin habis.

 

  • Referensi: Wikipedia

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com