KALA TABRAKAN TIDAK DAPAT DIHINDARKAN

KIJANG KAPSUL VS AVANZA

Tanggal 28 Mei 2010 adalah hari yang tidak pernah terlupakan dalam hidup saya. Karena pada hari itu saya mengalami peristiwa besar dan sangat bersejarah. Pada hari itu saya dan mobil kijang kapsul LGX kesayangan saya harus jadi korban mobil avanza yang tiba-tiba keluar jalur dan menyeruduk mobil kijang kapsul LGX diesel solar milik saya.

Beginilah kondisi mobil avanza vs kijang. Avanza menabrak samping kanan mobil kijang.

kijang-lgx-ditabrak-psd avanza-tabrakan

Waktu itu saya menggunakan seat belt, karena kijang hanya menyediakan fitur seat belt untuk keselamatan. Yang pastinya, setelah tabrakan sopir avanza mengalami perdarahan hidung, kemungkinan karena benturan dengan dashboard atau apalah saya tidak tahu dan ruang mesin avanza masuk ke dalam kabin bagian depan (hingga dashboard avanza tertekan ke dalam).
Kondisi mobil kijang juga lumayan parah terutama radiator yang pecah. Untungnya mesin tidak mengalami kerusakan sama sekali dan mesin tidak berpindah ke dalam kabin karena melekat kuat pada sassis dan saya sendiri tidak mengalami luka apa-apa selain trauma yang masih sering terasa hingga sekarang.
Beginilah mobil kijang kapsul saya dua tahun berikutnya:
kijang-lgx-solar

Bagus, mulus seperti biasa, karena menurut tukang bengkel:
Selama sassis tidak patah atau bengkok, mobil masih bisa dibentuk ke kondisi semula.

Lalu bagaimana dengan avanza:
Diambil dan dijual oleh pihak asuransi dan dibongkar untuk diambil bagian-bagian kecilnya sehingga bisa dijual sebagai sparepart.

(catatan: untuk diingat, avanza yang sudah pernah tabrakan jangan pernah dipakai lagi, karena avanza didesain agar seluruh bagian bodinya menjadi peredam tabrakan. Dengan kata lain, walau bagian tabrakan yang kena bagian depannya saja, namun yang bagian belakang akan ikut kena juga. Bodi monokok tidak didesain untuk menerima tabrakan untuk kali kedua. Jika sudah pernah tabrakan satu kali, maka kekuatan bodi monokok akan menurun drastis sehingga jika terkena tabrakan untuk kali kedua: PASTI RONTOK!)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*