Penyebab Kampas Rem Tromol dan Cakram Cepat Habis

Kampas Rem Cakram Tromol Cepat Habis

Kampas Rem Cakram Tromol Cepat HabisKenapa dan apa penyebab kampas rem motor baik untuk cakram atau tromol cepat habis dalam masa pakai yang sangat singkat?

Kondisi yang dapat mengakibatkan kampas rem cepat habis dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah:

[checklist]

  • Gaya pengguna
  • Cacat
  • Kualitas sparepart
  • Perawatan

[/checklist]

Menganalisa masalah kampas rem cepat habis dan solusinya

Masa pakai untuk kampas rem jenis tromol pada umumnya mampu untuk sekitar satu tahunan. Akan tetapi, beberapa kondisi tertentu akan membuatnya lebih mudah aus. Baru tiga atau empat bulan misalnya, kampas sudah harus diganti begitu pula pada model rem cakram.

Gaya pengguna (ridding style)

Poin ini yang seringkali tidak disadari oleh pengguna motor bahwa apa yang dilakukan terhadap perangkat pengereman justru menjadikannya lebih boros kampas rem.

Misalkan saja sering menahan tuas atau pedal rem sehingga meskipun sangat minim, kemungkinan terjadi gesekan secara terus menerus akan membuat kampas lebih cepat tipis.

Komponen cacat

Kemudian adanya cacat pada komponen yang berhubungan dengan rem misalkan untuk jenis cakram, apabila piringan bengkok (tidak senter) atau bahkan ada goresan tajam maka dapat memicu kampas segera menipis selain daya cengkeram juga kurang optimal.

Baca juga tentang cara mengatasi rem cakram tidak pakem serta ulasan mengenai masalah rem cakram depan terasa sangat keras.

Kualitas spare part (komponen suku cadang)

Pemilihan suku cadang memang tidak boleh asal atau sembarangan. Untuk komponen original memang akan sedikit lebih mahal, akan tetapi tentu saja akan memiliki kualitas lebih baik serta kinerja yang optimal dibanding dengan yang KW atau imitasi.

Perawatan rutin

Ini jauh lebih penting untuk selalu diperhatikan oleh pengguna motor agar semua komponen dapat secara rutin di kontrol mulai dari kebersihan hingga masa pakainya.

Apapun jenis perangkat rem baik cakram atau tromol sangat anti dengan kotoran, debu serta material asing lainnya.

Kotoran yang terselip di antara permukaan kampas rem dengan bidang cakram atau tromol akan mengakibatkan proses abrasi yang lebih besar sehingga tidak dapat dipungkiri kampas rem akan cepat habis sebelum waktunya.

Simak juga ulasan mengenai masalah rem cakram masuk angin atau ngempos dan beberapa tips mengatasi masalah rem bunyi berdecit dan berisik.

1 Comment

  1. Motor beat saya kenapa ya kampas rem belakang cepat habis padahal saya beli kampasnya yg ori dan ketika di putar untuk mengencangkan rem knp selalu nolak balik lg ke semula. Terima kasih mohon jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*