KELEBIHAN MOBIL AVANZA-XENIA

KELEBIHAN MOBIL AVANZA. Hai mas bro sekalian, kali ini saya mau mengupas kelebihan mobil Avanza Xenia dibanding dengan mobil-mobil low MPV sekelasnya.
Seperti kita tahu, Mobil Avanza sudah lebih dari 10 tahun mengaspal di jalanan Indonesia, 10 tahun sebenarnya waktu yang cukup dalam menunjukkan ketahanan mobil ini dalam persaingan otomotif di Indonesia. Mobil-mobil sekelas lain semisal Livina dan Ertiga terbukti masih belum bisa menggeser keduanya dari singgasana penjualan mobil-mobil low MPV, why?
Selain banyaknya faktor seperti budaya, sparepart, dan harga,  ada beberapa kelebihan mobil ini yang jelas tidak dimiliki oleh mobil low MPV lain:
1. Ground Clearance
kelebihan-avanza
Ground Clearance Mobil Avanza-Xenia jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mobil Livina (18,5 cm), Ertiga (18,5 cm) dan yang terbaru: Mobil Honda Mobilio (18,9 cm). Ground Clearance ini sangat penting terutama di jalanan ibukota yang pada awal tahun selalu ditakut-takuti oleh ancaman banjir. Suka atau tidak suka, mobil dengan Ground Clearance lebih tinggi dianggap lebih mampu melahap banjir.
Selain banjir, jalanan yang tidak rata seringkali membahayakan bagian bawah mobil. Membawa mobil dengan ground clearance rendah ke daerah pedesaan dengan jalanan yang tidak rata bukanlah jawaban yang bijak, apalagi jalanan tersebut banyak lubangnya. Tentunya sekali lagi ground clearance yang lebih tinggi menjadi pemenangnya.
 
2. Penggerak Roda Belakang (Rear Wheel Drive/RWD)
Mobil Avanza-Xenia adalah mobil yang bertipe RWD, berbeda dengan pesaing mereka: Livina, Ertiga, Mobilia dan Mazda yang menggunakan penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD). Perbedaan mendasar adalah pada power yang didapatkan. Coba saja pada diri kita sendiri: jika kita dihadapkan dengan benda berat yang harus dipindahkan, mana yang lebih kita suka: menarik atau mendorong.  Prinsip kerja mobil seperti itulah yang dipakai pada mobil RWD (mendorong) dan FWD (menarik).
Konsep yang digunakan oleh Mobil Avanza-Xenia adalah mendorong, dengan kata lain membagi kerja ban, ban bagian depan hanya berfungsi sebagai penentu arah mobil sedangkan ban bagian belakang berfungsi sebagai motor penggerak. Pembagian kerja ini akan mengurangi beban kerja ban mobil.  Berbeda dengan mobil low MPV lain yang menggabungkan kerja motor penggerak dan arah pada satu bagian ban bagian depan.
Efeknya adalah: Mobil Avanza-Xenia jauh lebih bertenaga saat melahap tanjakan. Tenaga jauh lebih kuat walau secara langsung berimbas pada konsumsi bensin.  Konsumsi bensin paling minimal 1:14 itupun sudah mentok, dengan rata-rata 1:10-1:11.
Bandingkan dengan Suzuki Ertiga dan Livina yang bisa sampai 1:16.
 
3. Kaki-kaki bagian belakang lebih kuat
Karena adanya penggerak roda bagian belakang, mau tidak mau kaki-kaki roda bagian belakang mobil Avanza harus dibuat lebih kuat. Hal ini berimbas pada kenyamanan. Jika diisi sedikit orang, maka suspensi bagian belakang Mobil Avanza akan terasa keras dan mantul-mantul. Namun, hal ini membuat kaki-kaki mobil Avanza-Xenia jauh lebih awet dibandingkan kaki-kaki mobil MPV lain yang lebih lembut.
 
Nah, cukup tiga poin ini yang bisa saya sampaikan disini. Apa yang saya tulis disini hanyalah berdasarkan pengalaman saja, dan pengalaman kita bisa saja berbeda-beda, betul kan mas bro?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 Frontier Theme