Kelemahan dan keluhan motor matic yang perlu diketahui

Keluhan-Kelemahan-Motor-Matic

Keluhan-Kelemahan-Motor-MaticMengetahui berbagai kelemahan serta keluhan yang sering terjadi pada motor matic akan memberikan pemahaman dan juga dapat dijadikan pembelajaran tentang bagaimana cara penanganannya agar kendaraan skutik kamu tetap dalam kondisi yang prima.

Melakukan perawatan secara teratur agar performa matic kamu tetap terjaga adalah sebuah langkah paling tepat, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa komponen akan habis atau rusak seiring dengan waktu dan pemakaian memang tidak dapat dihindari namun setidaknya usia pemakaian bisa dibuat lebih panjang atau awet.

Berbagai masalah motor matic dan solusinya

Berikut ini adalah beberapa persoalan yang sering muncul pada motor matic dalam kondisi yang masih dapat di toleransi dan langkah perbaikannya.

Akselerasi berat, bensin boros, asap knalpot kehitaman

Jika usia pakai motor matic sudah memasuki atau mendekati setahun, masalah ini akan cenderung timbul yang disebabkan oleh komponen filter udara.

Sesuai arti dari filter udara yang berarti penyaring udara, perangkat ini berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin. Tentu jika part satu ini rusak atau kotor akan menghambat jalannya udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin. Gejalanya pada mesin jika filter udara ini kotor hampir mirip dengan Belt CVT yang aus.

Putaran motor matic pada putaran bawah, atau pelan terasa berat atau lambat. Juga akan menimbulkan gejala knocking, dan akan membawa pengaruh juga pada busi. Busi juga akan berwarna hitam, karena dengan berkurangnya aliran udara, maka campuran yang tercipta di dalam mesin, akan lebih banyak bensin dan sedikit udara. Makanya asap knalpot jadi hitam dan bensin jadi sedikit lebih boros.

Motor matic mberebet dan tidak mau langsam

Karburator berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang akan dikirim ke dalam ruang bakar untuk dibakar, bagian ini mengatur jumlah bensin dan udara yang akan dibakar. Nah, jika muncul gejala matic mberebet alias tersendat dan tidak mau langsam (stationer), di sinilah sumber masalahnya.

Biasanya kerusakan terjadi pada piston skep yang bocor dan karet karbu vakum yang bocor, sobek atau terjepit. Juga bisa jadi spuyer tersumbat, problem ini mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak seimbang. Nah untuk perbaikan ini anda bisa serahkan ke bengkel, karena bagi kita yang awam agak rumit untuk mengatasinya sendiri.

Dari kedua persoalan di atas adalah yang paling umum dan paling mudah untuk dideteksi pada motor matic standart. Sebenarnya masih banyak yang perlu diketahui tentang macam macam permasalahan serta keluhan motor matic termasuk pada bagian v-belt serta system penggerak lainnya yang akan kami ulas pada posting berikutnya. Simak juga tentang masalah motor matic bergetar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*