Kenapa Motor Matic Boros Bahan Bakar

Motor-Matic-Boros

Motor-Matic-IritPenyebab motor matic menjadi terasa boros bahan bakar sangat beragam dan hal ini sebenarnya adalah karena perlakuan pengguna terhadap cara pemakaian atau cara berkendaranya yang masih kurang tepat. Ditambah lagi cara perawatannya yang belum sesuai dengan pedoman yang dianjurkan oleh pabrikan sesuai manual book standartnya.

Kenapa motor matic terasa sangat boros bahan bakar? Ketika kondisi ekonomi yang semakin kurang mendukung, tentu saja salah satu kebutuhan pokok yaitu bahan bakar minyak sebagai penunjang aktifitas dan kegiatan hidup sehari hari harus juga di hemat. Untuk kendaraan bermotor khususnya matic saat ini telah menjadi barang yang biasa dan sudah umum di miliki oleh setiap orang. Namun tidak sedikit yang mengeluhkan tentang konsumsi bahan bakar yang boros untuk tunggangan yang satu ini.

Sebenarnya desain dari pabrikan telah di rancang untuk penggunaan bensin lebih irit dan performa mesin yang maksimal. Apalagi sejak type injeksi semakin mendominasi pengeluaran jenis motor motor yang baru. Tapi kenapa tetap saja masih banyak yang merasa dan beranggapan bahwa motor matic lebih boros dari pada mesin motor manual.

Motor-Matic-BorosMenurut survey yang di dapat dari para biker khususnya matic, borosnya konsumsi bahan bakar memang bisa terjadi karena perlakuan terhadap kerja mesin itu sendiri. Dengan menggunakan motor matic merek apapun sesungguhnya sudah sangat efisien dan terhitung sangat irit dengan catatan kondisi mesin masih standart bawaan pabrik. Belum pernah dilakukan modifikasi ataupun tune up yang merubah spesifikasi standart mesin sekecil apapun.

Terjadinya konsumsi bahan bakar yang boros untuk motor matic lebih cenderung disebabkan oleh kondisi berkendaranya. Sebagai contoh adalah, jika menggunakan motor matic pada saat situasi jalanan macet dan sering stop and go, tentu saja hal ini di rasakan akan lebih boros bahan bakar karena tidak sesuai dengan jarak tempuh di bandingkan dengan waktu atau durasi nyala mesin.

Kenyataannya, menempuh perjalanan jarak jauh pada kondisi jalanan lancar dan bisa menggunakan kecepatan tinggi, maka konsumsi bahan bakar mesin matic justru lebih irit. Hal hal lain yang mungkin saja bisa mengakibatkan borosnya konsumsi bahan bakar adalah beban yang dibawa oleh motor ketika berjalan. Apalagi jika kondisi tekanan angin ban kurang (agak kempis)  juga akan membuat semakin berat laju kendaraan anda.

Semakin bertambahnya usia pakai kendaraan, mesin tentu saja akan mengalami penurunan performa yang juga bisa berhujung borosnya konsumsi bahan bakar. Untuk itu, melakukan perawatan rutin untuk motor matic sangat di anjurkan. Mengetahui cara merawat motor matic yang benar akan menjadikan kinerja mesin tetap prima dan irit bahan bakar tentunya.

Sebenarnya setiap pabrikan selalu berusaha mengaplikasikan teknologi mesin yang ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Dengan demikian jika masih merasa motor maticnya sangat boros konsumsi BBM maka mulai sekarang mencoba untuk melakukan koreksi pada poin mana yang masih belum tepat sehingga motor anda terasa sangat haus bahan bakar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*