Knalpot motor ngebul asap putih jangan biarkan berlarut

Kenalpot-motor-ngebul-asap-putih

Kenalpot-motor-ngebul-asap-putihKenapa kenalpot motor bisa mengebul mengeluarkan asap putih, jangan anggap remah dan kamu harus waspada dengan situasi ini. Lain lagi jika memang motor kamu adalah jenis 2tak, sudah wajar dan biasa namun untuk motor 4 tak ini sudah kondisi kurang bagus.

Pada intinya asap putih yang mengebul dari knalpot motor 4tak adalah sisa pembakaran yang tidak sempurna sehingga panas mesin membakar material cair yang tidak 100% bisa habis seperti minyak atau oli.

Masalah motor jika knalpot mengeluarkan asap putih

Hal paling utama yang sangat berbahaya adalah adanya kebocoran pada bagian ruang bakar di ataranya adalah 2 persoalan berikut ini.

Ring piston (ring seher) sudah aus. Sehingga kompresi menjadi bocor dan aliran oli mesin masuk kedalam ruang bakar. Keadaan ini sangat riskan jika sampai kapasitas oli di dalam bak mesin berkurang sehingga kekeringan, mesin cepat panas tentunya komponen yang berkaitan akan cepat aus.

Akibat lain dai ring piston aus adalah tenaga mesin yang terasa menurun karena kompresi hilang. Lambat laun jika aus sudah parah akan berbunyi getaran berisik seperti ketukan keras yang menandakan bahwa piston sudah longgar.

Persoalan ini dapat ditimbulkan karena perawatan motor yang tidak terjaga dengan baik seperti rutin penggantian oli dan pemilihan oli yang buruk.

Seal klep sudah keras dan aus. Penyebab knalpot ngebul asap putih yang kedua adalah kondisi seal klep aus kemudian bocor. Akibatnya oli pada area silinder kop akan masuk di dalam ruang bakar. Tanda tanda lainnya adalah biasanya busi selalu sering mati dan selalu tampak basah, kotor bahkan berkerak.

Usia pakai mesin motor sebenarnya sangat bergantung dari pemilihan bahan pelumas yang baik dan mampu menjaga kinerja mesin tetap prima meskipun motor dipacu dengan sangat extrim. Simak juga cara memilih oli motor yang tepat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*