Memperbaiki Lampu Sein Menyala Tapi Tidak Berkedip

Lampu sein tidak berkedipMasalah lampu sein bisa menyala akan tapi tidak berkedip mungkin pernah dialami oleh beberapa pemilik motor yang mengira ada kerusakan pada bagian rangkaian elektronikanya.

Meskipun kadang seringkali diacuhkan, namun keberadaan lampu sein ini sangat berarti agar bisa memberikan tanda atau isyarat kepada pengendara lain tentang arah yang akan kita tuju.

Mengatasi masalah lampu sein tidak mau berkedip

Bagaimana cara memperbaiki lampu sein yang tidak bisa berkedip biasanya bersumber dari 2 persoalan yaitu:

[checklist]

  • Salah satu bohlam putus
  • Memeriksa Flasher

[/checklist]

Salah satu bohlam pada sein ada yang putus adalah (mati) merupakan gejala paling mudah diketahui apabila sein tiba tiba tidak berfungsi dengan normal alias tidak berkedip.

Hal ini juga akan di tandai oleh panel indicator sein yang ada di dashboard tidak berkedip seperti biasanya.

Memeriksa flasher

Jika sudah dipastikan semua lampu sein (ke empatnya) dapat menyala terang, namun tetap saja belum menunjukkan bisa berkedip maka ada kemungkinan persoalan timbul dari perangkat flasher.

Pertama periksa soket soket yang menancap jangan sampai ada yang terlepas ataupun koneksinya terhambat akibat kerak dan kotoran.

Jika masih dalam kondisi normal, flasher ini akan mengeluarkan suara ketika switch sein posisi on.

Apabila sudah tidak ada tanda tanda suara dari platina flasher (switch elektromagnetik) maka dapat dipastikan komponen ini rusak. Jika kebetulan ada motor yang sejenis milik sodara atau teman, bisa dicoba dulu untuk memastikan bagaimana reaksinya.

Harga unit flasher tergolong murah yaitu kisaran antara Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu dan banyak tersedia di toko onderdil sepeda motor.

Simak juga artikel tentang tips agar bohlam lampu depan motor tidak cepat putus dan ulasan mengenai masalah aki pada motor matic injeksi tiba tiba mati.

Updated: November 30, 2016 — 6:09 am

1 Comment

Add a Comment
  1. kasus yang saya dapati pada motor saya adalah, sein kiri motor vario bagian depan tidak menyala sedangkan sein kiri bagian belakang menyala tetapi tdk berkedip dan lampu kecil dibawah lampu besar sebelah kiri juga akan mati apabila switch sein kiri posisi on dan menyala kembali pada saat switch sein posisi off. mohon solusinya.. terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com