Memanaskan Mesin Motor Injeksi: Apakah Perlu Dilakukan?

Cara memanaskan mesin motor matic injeksiCara memanaskan motor bermesin injeksi baik untuk Yamaha, Honda ataupun yang lain seringkali menjadi hal yang dipertanyakan bagi beberapa orang karena merasa ragu akan tindakannya ini.

Memanaskan mesin motor mungkin masih ada yang menganggap sebagai ritual wajib sebelum mulai berkendara dan pada umumnya adalah budaya yang diwariskan dari jaman biker jadul alias tempoe doeloe.

Benar apa tidak tentang aturan memanaskan mesin motor

Pada saat ini teknologi yang diaplikasikan pada berbagai jenis mesin motor telah tergolong sangat modern dan begitu canggih.

Khususnya sektor mesin adalah bagian yang paling memperoleh beragam sentuhan teknologi terbaru seperti system injeksi yang memungkinkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Kembali pada permasalahan pokok bahwasannya motor dengan mesin injeksi notabene sudah tidak memerlukan lagi proses memanaskan mesin walaupun dipagi hari.

Cukup dengan start kemudian biarkan mesin hidup dalam tempo sekitar 20 detik agar oli bersirkulasi dan tidak perlu digeber cukup stasioner saja selanjutnya mesin sudah dapat dipacu.

Meskipun tidak dilakukan pemanasan, mesin motor dengan teknologi injeksi sudah bisa dipacu meskipun dalam kondisi dingin tanpa harus khawatir terjadi brebet seperti pada mesin yang masih menggunakan karburator.

Hal ini perlu disadari bagi pengguna motor injeksi bahwa tidak ada perangkat yang namanya Choke (Cuk) pada mesin ini seperti jenis motor jaman dulu yang sangat membutuhkan choke untuk menyalakan ketika mesin masih dingin.

Baca juga tentang cara merawat motor matic injeksi dan ulasan mengenai kelebihan dan kekurang motor matic injeksi.

Updated: November 30, 2016 — 6:16 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com