Membersihkan Kaca Helm Agar Tetap Bening

Membersihkan-kaca-helm-tetap-bening

Membersihkan-kaca-helm-tetap-beningBagaimana cara membersihkan dan merawat kaca helm supaya tetap bening, jernih dan tidak buram sesungguhnya sangat mudah dilakukan jika kamu dapat memperlakukan helm kesayanganmu dengan baik. Biasanya seseorang baru akan menyadari untuk merawat helmnya ketika sudah tampak kusam atau baret.

Pentingnya rajin membersihkan helm selain hanya dengan mencucinya, tentunya bagian kaca ini juga memiliki peran penting untuk melindungi mata dari segala resiko benda yang dapat menerpa wajah, bahkan tidak jarang hanya karena masalah kaca helm yang buram, menjadikan keselamatan pengendara dalam bahaya kecelakaan.

Tips Merawat Kaca Helm Tetap Jernih

Material kaca helm yang terbuat dari bahan akrilik dengan kualitas baik tentunya akan memiliki daya tahan yang lebih kuat dari benturan, goresan maupun pemudaran.

Sebagus atau semahal apapun helm yang kamu miliki, semua tetap akan tidak luput dari kerusakan jika pemiliknya kurang cermat dalam memperlakukan benda pembungkus kepala yang satu ini khususnya pada bagian kaca nya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat kualitas kaca helm tetap terjaga dengan baik dan tetap bening.

Membersihkan helm saat hujan

Pada saat cuaca hujan, helm yang dilengkapi kaca memang cukup nyaman dan membuat pengendara bisa tetap fokus pada jalurnya. Namun seringkali kesalahan yang dilakukan pemilik helm sehingga membuat kacanya cepat buram adalah ketika di pakai pada saat cuaca hujan.

Satu hal yang perlu dihindari adalah, jangan pernah mengelap kaca helm langsung ketika baru saja di pakai setelah kehujanan. Sebenarnya kaca tersebut sudah menempel debu halus akibat percikan air dari hujan dan kondisi jalanan.

Sehingga secara tidak disadari debu debu halus tersebut akan bersifat abrasive selayaknya sebuah amplas yang menggores kaca helm meskipun masih sangat halus sehingga tidak tampak langsung. Namun jika hal ini mejadi kebiasaan, maka sudah barang tentu goresan akan menjadi lebih banyak dan semakin dalam kemudian lama lama pasti akan buram.

Lebih baik jika sebelum di lap supaya kaca helm dibasahi terlebih dahulu dengan air ditambah shampoo, ataupun sabun pencuci motor. Dengan begini permukaan akan tetap licin dan resiko tergores akan semakin minim. Baca juga tentang cara merawat ban motor lebih awet.

Menjaga kaca helm sehari hari tetap bening

Merawat-kaca-helm-tidak-buramDalam pemakaian sehari hari, usahakan selalu memperhatikan cara menaruh, meletakkan, bahkan cara kamu melindungi kaca helm dari resiko tergores, terbentur dan lain sebagainya.

Karena jika semua cidera kaca helm tersebut sudah terjadi, maka akan sangat sulit untuk memperbaikinya kecuali hanya dengan menggantinya dengan yang baru.

Untuk mengantisipasi hal ini sebenarnya ada sebuah benda plastic yaitu helmet visor film atau anti fog helmet yang cara penggunaanya sangat sama persis dengan sebuah screen guard yang biasanya dipakai untuk melindungi layar monitor laptop maupun handphone. Memakai lapisan ini sudah pasti akan melindungi permukaan kaca aslinya, sehingga jika terjadi goresan dan lapisan sudah buram, kamu tinggal melepas lapisan dan memasang lagi yang baru.

Jika ingin memakai pilihan lain, salah satu cara yang bisa meminimalisir goresan adalah dengan selalu menyemprot cairan pengkilap kaca helm.

Cairan ini biasanya akan memberikan efek licin pada permukaan kaca helm sehingga setiap sentuhan debu ataupun goresan benda lainnya akan sedikit tergelincir meskipun tidak se efektif jika dibandingkan dengan plastic pelapis.

Kualitas kaca helm itu sendiri

Untuk beberapa model dan type helm kelas kompetisi, jenis kaca helm yang dipakai memang memiliki kualitas yang cukup baik sehingga juga akan lebih awet dan tidak mudah buram.

Lain pula dengan helm yang biasanya memiliki harga sangat murah, meskipun tampilannya sudah nyaris mirip dengan helm sekelas milik rider dunia, biasanya kaca yang dipakai cenderung akan mudah rusak. Meskipun tidak pernah tergores, bahkan hanya karena sering terpapar sinar matahari saja sudah akan membuat kacanya menjadi kusam, buram dan akhirnya retak.

Jika kamu memiliki helm yang kelas low-end, sebaiknya lebih cermat lagi dalam memperlakukannya. Jangan sembarangan menaruh helm ditempat yang terkena panas matahari langsung dalam waktu yang lama, juga perhatikan untuk melakukan beberapa tips di atas meskipun daya tahan kaca helm itu sendiri tidak sebaik helm kelas high-end. Jangan lupa simak juga tentang mencegah bohlam lampu tidak mudah putus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*