Cara Membuat Motor Lebih Irit dan Tetap Bertenaga

membuat-motor-lebih-irit-tetap-bertenaga

membuat-motor-lebih-irit-tetap-bertenagaMengenai cara untuk membuat motor menjadi lebih irit namun tetap bertenaga adalah dambaan setiap pemilik kendaraan bermotor ketika situasi perekonomian saat ini yang tidak stabil dan harga bahan bakar yang cenderung mengalami kenaikan hampir 2 kali setiap tahunnya.

Kenapa motor matic lebih sering dikatakan boros bahan bakar? Untuk kendaraan bermotor khususnya matic, saat ini telah menjadi idola masyarakat pada umumnya karena desain yang semakin futuristic serta kenyamanan yang sangat sesuai untuk berbagai usia baik pengendara laki laki maupun wanita.

Namun kebanyakan dari pengguna motor matic mengeluhkan bahwasannya kendaraan yang satu ini relative lebih boros konsumsi bahan bakarnya dari pada jenis motor bebek atau motor sport lainnya yang masih menggunakan transmisi manual.

Tips agar motor menjadi irit bahan bakar

Pada dasarnya pabrik telah mendesain sebuah mesin kendaraan dengan segala kemampuannya serta memperhitungkan segi efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar sesuai dengan tenaga yang akan dihasilkan.

Apalagi untuk tahun 2016 ini mesin motor berteknologi injeksi sudah menjadi terobosan terbaru sebagai langkah menekan koefisien khususnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit serta teknologi ramah lingkungan dengan tidak menurunkan power dari mesin itu sendiri.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuat motor menjadi lebih irit bensin namun tetap memiliki performa yang prima.

[checklist]

  • Periksa tekanan angin ban sesuai dengan standart yang ditetapkan menurut ukuran ban itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban motor ketika berjalan karena kondisi ban yang kempis akan menjadikan gesekan terhadap jalan menjadi lebih berat.
  • Rutin mengganti atau membersihkan filter udara juga akan membantu pembakaran menjadi lebih sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang percuma.
  • Pemeriksaan pengapian meliput busi dan aki khususnya motor bermesin injeksi sangat penting dilakukan untuk menjaga kinerja mesin tetap maksimal. Karena suplai kelistrikan yang baik akan membuat pembakaran mesin semakin sempurna tanpa meninggalkaan residu bahan bakar yang berlebihan.
  • Penggantian Oli secara rutin juga sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin yang tetap ada hubungannya dengan konsumsi bahan bakar.
  • Menjaga beban kendaraan terkadang tampak kurang diperhatikan seperti membawa barang yang berlebihan akan membuat mesin bekerja lebih berat dan sehingga antara konsumsi bahan bakar tidak sebanding dengan tenaga yang dihasilkan.

[/checklist]

Beberapa tips di atas tentunya sudah merupakan bagian dari bentuk perawatan berkala yang selalu dianjurkan oleh pihak pabrikan guna menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Simak juga tentang cara merawat motor matic injeksi.

Dengan demikian borosnya pemakaian bahan bakar pada sebuah mesin motor sebenarnya tidak lepas dari cara atau perilaku pengguna kendaraan itu sendiri dalam kesehariannya. Nah, apakah anda sudah menerapkan kiat kiat atau upaya agar motor kesayangan anda bisa menjadi lebih irit dan tetap bertenaga?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*