Perlunya sesekali memeriksa kopling ganda pada motor matic

Mengganti-kampas-ganda-matic

Mengganti-kampas-ganda-maticMemperhatikan kondisi kopling ganda pada motor matic sangat penting dan ini sering kali diabaikan oleh para penggunanya sehingga harus menunggu tanda tanda rusak barulah menyadarinya.

Funsi kopling ganda motor matic tidak berbeda jauh dengan motor bebek yang menggunakan transmisi manual namun masih menerapkan system kopling otomatis.

Hanya saja pada motor bebek kondisinya basah terendam oli mesin sedangkan pada skutik kering dan berada pada box CVT.

Mangkuk-kopling-ganda-maticNah disinilah sumber pokok permasalahannya. Karena berada pada ruangan kering tentunya akan sangat rentan terhadap kotoran seperti debu maupun kerak yang menempel.

Jika kurang mendapatkan perhatian maka bisa mengakibatkan fungsi kampas kopling ganda bekerja kurang optimal.

Kampas kopling ganda berfungsi untuk menekan mangkuk kopling dan membawanya berputar untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang.

Jika kondisi kampas dan mangkuk terdapat banyak kerak atau debu, besar kemungkinan kedudukan keduanya tidak bisa presisi lagi dan ini adalah salah satu penyakit motor matic.

Kedua part ini akan bekerja dengan baik jika dapat melekat sempurna.

Masalah yang sering timbul pada motor matic adalah getaran ketika pada posisi RPM masih rendah dan kadang suara mesin juga tidak stationer.

Getaran pada motor matic ini bersumber dari gesekan antara kampas kopling ganda dengan mangkuk yang tidak presisi atau tidak merata akibat ada kotoran yang menempel.

Cara membersihkan nya dengan menggosok menggunakan amplas halus sampai debu yang mengeras terlepas dari kampas ganda dan juga sisi dalam mangkuk kopling.

Kemudian gunakan kompresor untuk meniup sela sela kampas ganda sampai benar benar bersih dan kering. Jangan sekali kali mencucinya dengan bensin ataupun zat cair lainnya.

Tindakan tersebut justru akan membuat kotoran mudah melekat serta berdampak pada daya cengkeram kampas terhadap mangkuk kopling menjadi menurun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*