Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus

Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus – Sobat yang sering mengalami masalah lampu depan motor yang sering mati dan bolak-balik kalian harus sering mengganti pula. Walaupun kalian sudah membelikan lampu yang original masih saja lampu tersebut sering putus. Kalian lama-lama seperti ini pasti stress dan cukup panik jika anda sedang melakukan perjalanan dimalam hari dan lampu depan anda putus.

Sebenarnya permasalahan ini memang harus diselesaikan dari akarnya dan kalian harus tahu Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus tersebut jangan dibiarkan saja ya. Jika memang permasalahannya bukan pada lampu karena lampu sesuai standar dan original berarti permasalahannya bisa pada komponen lainnya.

Bagi kalian yang sudah paham kalian pasti sudah tahu penyebabnya dan bagi yang masih awam salah satu penyebabnya adalah adanya kerusakan pada Retifer Regulator atau sering disebut Kiprok. Sebelum jauh kita membahas cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus tentu kalian harus tahu pula fungsi dari kiprok itu sendiri. Ya kiprok merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengubah arus AC menjadi arus DC untuk pengisian baterai. Kiprok juga berfungsi sebagai pembatas tegangan yang menuju lampu utama.

Nah untuk Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus ini kita tinggal cek tegangan kiprok yang menuju ke lampu dengan alat khusus cek tegangan listrik.  Jika tegangan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan lampu berarti kiprok aman namun jika melebihi berarti benar kiprok lah yang menjadi masalah karena kiprok tidak membatasi jumlah arus tegangan ke lampu oleh karena itulah lampu sering putus.

Dibawah ini cara cek kiprok sehingga kalian lebih yakin untuk mengganti kiprok jika sudah bermasalah sehingga kalian bisa Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus tersebut.

1. Lampu jarak jauh.

  • Posisikan kabel + Avo pada lampu jauh
  • Posisikan Kabel – dimassa lampu
  • Nyalakan motor dan tahan rpm 3000-5000rpm dan lihat nilai di avometer jika hasilnya sesuai dengan lampu berarti kiprok aman dan sebaliknya jika nilai melebihi dari tegangan yang dibutuhkan lampu berarti kiprok¬† layak diganti

2. Lampu jarak dekat

  • Posisikan kabel + Avo pada lampu dekat
  • Posisikan Kabel – dimassa lampu
  • Nyalakan motor dan tahan rpm 3000-5000rpm dan lihat nilai di avometer jika hasilnya sesuai dengan lampu berarti kiprok aman dan sebaliknya jika nilai melebihi dari tegangan yang dibutuhkan lampu berarti kiprok layak diganti karena ini merupakan cara tepat Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus dari pada sering kali mengganti lampu

Nah itulah cara Mengatasi Lampu Depan Motor Sering Putus mungkin ada penyebab lain misalnya kabel yang tidak tersambung dengan benar atau bisa juga karena massa pada lampu atau kiprok kurang.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*