Mesin Motor Cepat Panas: Perhatikan dan Temukan Sumber Masalahnya

Mengatasi masalah mesin motor cepat panas

Mengatasi masalah mesin motor cepat panasMasalah mesin motor mengalami kondisi cepat panas atau overheat bukan hanya sering terjadi pada kendaraan lawas, namun juga bisa melanda kuda besi yang masih baru loh.

Perlu sekali diperhatikan mengenai beberapa hal yang dapat menyebabkan atau memicu timbulnya persoalan klasik yang satu ini.

Mengatasi mesin motor mudah panas dan tenaga loyo

Beberapa hal berikut ini adalah langkah penanganan atau tindakan yang perlu segera dilakukan ketika mencurigai mesin motor kamu menjadi cepat panas sehingga tenaga semakin drop.

[checklist]

  • Pastikan tidak ada indikasi atau tanda tanda bocor pada area blok mesin dengan mencari rembesan oli.
  • Jenis oli yang dipakai harus sesuai dengan rekomendasi pabrik dan perhatikan kapasitasnya tidak kurang atau lebih. Simak tentang jenis oli mesin terbaik untuk motor matic.
  • Panas mesin yang cepat meningkat juga bisa disebabkan karena ruang kompresi yang kotor. Bisa karena kerak yang sudah menumpuk akibat bahan bakar yang buruk.
  • Jangan biarkan busi terlalu usang, perhatikan usia pemakaian yang tidak melebihi batas maksimum 10 ribu KM.
  • Terakhir adalah persoalan pada kerenggangan klep yang terlalu rapat sehingga kompresi bocor memicu mesin cepat panas dan tenaga motor menjadi loyo.

[/checklist]

Jika terdapat gejala mesin mudah panas meskipun baru hidup atau jalan beberapa saat saja, maka kondisi seperti ini jangan dibiarkan berlarut karena akan memicu umur mesin menjadi lebih pendek.

Paling sering adalah menyebabkan piston, ring piston serta perangkat klep cepat aus kemudian merambat pada kampas kopling menjadi kurang mencengkeram akibat panas yang berlebihan. Simak juga tentang masalah pada Honda Scoopy boros dan mbrebet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*