Ban Lebar Untuk Motor Matic, Pertimbangkan Sebelum Menyesal

Kerugian Kelemahan Memasang Ban LebarMengganti ban dengan ukuran lebar pada motor matic adalah salah satu trend modifikasi yang sudah cukup familiar dilakukan oleh para biker untuk merubah tampilan menjadi lebih berotot.

Modifikasi ban lebar pada motor matik sepintas memang tampak sangat bermanfaat handling menjadi lebih stabil ketika melalui jalanan bergelombang, dan pada trek basah menjadi sangat nyaman dilibas.

Namun bagi yang masih berencana untuk mengganti ban standart menjadi lebih lebar, sebaiknya simak dulu beberapa dampak buruk yang akan ditimbulkan nantinya.

Masalah pada motor matic yang ditimbulkan akibat mengganti ban ukuran lebar

Berbeda dengan motor transmisi manual yang menggunakan rantai untuk mentransfer tenaga mesin menuju roda belakang, CVT pada motor matic yang memiliki peranan ini sangat rentan kerusakan akibat kesalahan modifikasi khususnya mengganti ukuran ban belakang yang terlalu besar.

Dampak penggunaan ban lebar bisa memicu kerusakan pada bagian CVT terutama untuk komponen V-Belt. Baca juga ulasan tentang tanda kerusakan pada komponen CVT.

Pabrikan telah memperhitungkan seberapa tenaga maksimal yang mampu dibawa oleh V-belt meliputi berat motor keseluruhan termasuk beban penumpang, sehingga ukuran ban standart tentunya sudah terhitung dalam batasan tersebut.

Masalah berikutnya adalah dapat memicu kerusakan kampas kopling karena sumbernya tetap dari beban motor yang menjadi berlebihan akibat pemakaian ban lebar.

Jangan heran jika mereka yang sudah pernah melakukan pemasangan ban dengan tapak lebar akan lebih sering membawa skutiknya masuk bengkel untuk servis komponen mesinnya.

Belum cukup sampai disitu saja, masih banyak kerugian lain yang timbul karena kesalahan modifikasi ukuran ban diantaranya:

[checklist]

  • Kinerja rem menjadi ekstra berat
  • Konsumsi BBM semakin boros
  • Kurang gesit di jalanan padat atau sempit
  • Perlu perawatan ekstra pada bagian CVT

[/checklist]

Kerja rem ekstra berat

Beban yang harus ditanggung oleh perangkat rem semakin berat dengan menggunakan ban gambot apalagi pada saat kecepatan tinggi tentu saja moment yang dihasilkan juga semakin besar.

Meskipun demikian, saat mengubah ban biasanya bengkel modifikasi juga menawarkan piringan rem dengan diameter yang lebih besar. Tetapi biasanya, keawetan piranti tersebut berada di bawah kualitas pabrik. Simak juga tentang cara mengatasi rem cakram masuk angin.

Konsumsi bensin motor matic menjadi lebih boros

Tetap ditimbulkan oleh beban yang berlebihan, maka motor juga membutuhkan daya yang sangat besar untuk bergerak.

Untuk menghasilkan daya yang besar ini tentunya cukup menguras konsumsi bahan bakar lebih banyak meskipun laju motor terasa tidak optimal.

Updated: November 30, 2016 — 6:32 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com