Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yang Benar

Merawat-Motor-Matic-InjeksiMerawat motor matic dapat dikatakan lebih sulit dari pada motor bebek apalagi matik injeksi karena kendaraan ini memiliki rancangan tersendiri yang sangat rumit dan kompleks. Pemakaian motor matic itu sendiri bisa dijadikani tolak ukur pada tingkat kesulitan dalam perawatannya seperti tidak bisa untuk memuat beban yang terlalu berat adalah salah satu kekurangan motor matic.

Motor matic sendiri saat ini sudah menjadi primadona masyarakat luas karena , desain yang menarik, futuristik dan tentunya tidak ketinggalan juga dalam urusan kecepatan. Selain mudahnya pengoperasian, jenis motor yang satu ini juga sangat cocok untuk segala umur baik baik laki-laki atau perempuan.

Yang membuat motor matic injekisi memerlukan penanganan berbeda dengan motor matic biasanya adalah tidak adanya karburator sebagai komponen suplai bahan bakarnya. Namun kelebihan motor matik injeksi yang paling utama adalah mampu membuat umur mesin lebih panjang dan konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

Tips Perawatan Untuk Motor Matic Injeksi

Perlu diperhatikan bahwa motor injeksi Yamaha, Honda ataupun yang lainnya sangat memerlukan perawatan yang benar benar intensif agar tidak menurunkan perfoma atau kinerjanya selama masa pemakaian. Berikut ini adalah cara merawat motor matic injeksi dengan benar dan tepat agar selalu tetap prima.

[checklist]

  • Tips pertama yaitu membiasakan untuk melakukan pemanasan mesin terlebih dahulu ketika ingin memakai atau saat menghidupkan mesin pertama kali dipagi hari. Lakukan hal tersebut minimal  5 hingga 10 menit sebelum kendaraan anda pakai berjalan.
  • Mengendarai motor matik injeksi tidak di anjurkan terlalu sering memainkan kecepatan laju motor dengan mendadak. Naikkan gas secara berlahan begitupula ketika hendak menurunkan kecepatannya.
  • Selalu perhatikan ketersediaan bahan bakar jangan sampai mengalami kekosongan karena akan beresiko macet dan sedikit lebih sulit ketika pertama kali menghidupkan mesinnya.
  • Pemeriksaan kondisi oli adalah mutlak, jangan sampai kurang atau sudah melebihi masa pemakaian. Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai terjadi limit ataupun kering, lakukan pergantian oli secara berkala, menurut buku panduan pemakaian motor matic sesuai dengan yang dianjurkan pabrik pembuatnya.
  • Berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi merupakan hal paling riskan karena motor matic injeksi syarat dengan komponen elektronik dan memerlukan sumber daya listrik yang harus selalu terjaga dengan baik.
  • Yang paling penting adalah servis secara rutin di bengkel resmi untuk melaporkan segala keluhan serta perawatan pada bagian bagian yang vital seperti V-belt, roller, bearing serta komponen pendukung lainnya. Simak juga tentang Motor matic terbaik paling laris di Indonesia.

[/checklist]

Dalam penggunaan sehari hari, banyak para pemilik kendaraan khususnya motor matic yang sering melupakan hal kecil ini padahal merupakan salah satu upaya menjaga performa motornya tetap sempurna.

Yaitu kebiasaan untuk mengontrol tekanan angin ban meskipun tampak sederhana, namun sangat berhubungan erat terhadap kinerja keseluruhan kendaraan anda. Kondisi kurang angin akan menyebabkan beban motor lebih berat dan berdampak pada konsumsi bensin yang boros selain juga dapat mengakibatkan handling motor yang kurang stabil.

1 Comment

Add a Comment
  1. Hal-hal sederhana sepertinya sering dilewatkan oleh para pemilik sepeda motor bebek maupun matic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com