Motor Matic Bergetar Tanda Kerusakan V-Belt

Motor-Matic-BergetarKondisi motor matic yang bergetar dan terasa berat saat tarikan awal bahkan hampir ke seluruh body hal ini menandakan bahwa ada gejala kerusakan pada bagian mesin khususnya v-belt yang sudah memasuki masa penggantian.

Kenyamanan berkendara merupakan sesuatu yang paling utama dan selalu diharapkan oleh semua pengguna kendaraan bermotor. Timbulnya getaran kerap kali menjadikan pengemudi merasa terganggu baik dari performa maupun kenyamanan motor itu sendiri sehingga berdampak pada handling yang kurang stabil.

Penyebab Motor Matic Bergetar

Perhatian untuk melakukan perawatan extra pada motor matic adalah pada bagian v-belt. Hal ini karena mesin matic merupakan kendaraan yang menggunakan transmisi otomatis, sehingga v-belt berfungsi untuk meneruskan putaran pulley mesin menuju pulley roda belakang.

Masalah munculnya getaran tersebut disebabkan oleh kerja v-belt yang sudah kurang maksimal, dan sebagai komponen utama penggerak roda belakang jika mengalami tegangan yang tidak stabil maka sudah tentu laju kendaraan akan tersendat dan inilah sumber getaran itu terjadi.

Sebelum anda mendapati masalah yang satu ini akan lebih baik jika perawatan berkala sesuai prosedur yaitu mengganti V-Belt ketika memasuki pemakaian 24.000 KM.

Untuk persoalan lain yang juga dapat memicu timbulnya getaran pada motor matic adalah pada bagian rumah CVT, di dalamnya ada beberapa komponen seperti weight set, clutch housing, CVT spring dan roller CVT. Penyebab getaran yang biasa terjadi yaitu pada bagian kampas kopling ganda/ weight set serta mangkok/clutch housing yang sudah tipis atau aus.

Cara mengatasi agar motor matic dapat kembali normal maka bisa dengan membersihkan weight set dan clutch housing tersebut. Apabila setelah dibersihkan namun tetap tidak mampu untuk berfungsi normal maka disarankan supaya segera melakukan penggantian spare part tersebut dengan kualitas original.

Berbagai Kerusakan Mesin Matic

Mesin-Motor-MaticBerikut ini adalah beberapa tanda atau gejala kerusakan bagian penggerak motor matic yang cenderung dapat memicu getaran pada seluruh body motor.

Tanda Kerusakan ROLLER CVT

Jika Roller CVT rusak, aus, atau sudah sampai umur pakainya, maka akan terasa getaran atau vibrasi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain akselerasi pada putaran atas seperti tertahan.

Tanda Kerusakan Clutch Housing

Ketika mangkuk kopling bermasalah maka gejala yang timbul pada saat motor dijalankan pada putaran bawah dan atas akan terasa jedug-jedug, ndut-ndutan, atau seakan tersendat.

Gejala Kerusakan Kampas Ganda

Kampas sentrifugal berfungsi untuk menekan dan menahan mangkuk kopling sehingga transfer tenaga diteruskan ke roda. Bila Kampas sentrifugal aus atau rusak, maka Anda bisa merasakan akselerasi motor matic yang sedang dikendarai akan menjadi lambat dan kecepatan menjadi berkurang dari biasanya.

Gejala Kerusakan Sliding Sheave CVT

Secondary sliding sheave merupakan komponen CVT yang berhubungan dengan V-Belt. Ada kemungkinan komponen ini aus maupun tergerus akibat menopang putaran V-Belt secara terus-menerus. Jika ada kerusakan pada komponen Secondary sliding sheave ini, maka akan putaran menengah motor terasa tertahan sesaat dan kemudian baru normal kembali.

Fixed Sheave CVT

Komponen Secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusak pada tiga lobang pin guidenya, ciri-cirinya adalah bila rusak adalah ketiga lubang tersebut melebar. Bila tidak segera diganti maka akan berpengaruh pada Komponen CVT Motor Matic lainnya.

Corong CVT Kekeringan dan Aus

Motor Matic Anda Slip? Itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan maka akan sedikit fatal, karena bila rusak atau aus ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga v-belt, kampas kopling dan lainnya menjadi slip.

Ada satu hal yang sering dilupakan dan kebanyakan para pengguna motor matic lalai dan hal ini dapat berakibat fatal terhadap komponen tersebut di atas yaitu masalah ketika melakukan pengereman dengan disertai tetap menarik gas. Kebiasaan ini akan memicu spare part yang berhubungan dengan semua yang ada di dalam rumah CVT.

Itulah beberapa faktor penyebab motor matic bergetar yang pada intinya adalah berasal dari bagian penggerak roda belakang karena ada salah satu atau lebih komponen yang sudah mengalami aus dan memasuki masa perawatan atau penggantian. Simak juga tentang cara memperbaiki aki kering.

4 Comments

Add a Comment
  1. Gan mao nanya nih ko motor mio soul ane bunyinya dengung pas diakselerasi d bagian belakang cvt kenapa ya ?
    Padahal rasio gak masalah , sleding sheave masih baru , tapi as pulley belakang ane goyanggoyang dia agak oblak gitu , apa kemungkinan itu ?
    Apa klaher bambunya ?

  2. abdulloh wahyu sani

    kalau klaher bambu/roces itu gejalanya saat stasioner bunyi grook

    kalau oblak itu sampean harus cek spesifikasi bearing penopang as di gearbox dia pake c2/c4 karena itu berpengaruh dg speeling

  3. Bos mau nanya nih….CVT mio soul saya kalau pada saat akselarasi gasnya agak di tarik…itu cvt nya sampai badan motor ikut bergetar…itu kenapa ya.??

  4. Gan saya mau tanya,

    Motor scoopy saya kalau di bawa jalan 40-50km perjam ndut ndutan kenapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com