Mudik aman dengan motor matic jangan abaikan tips berikut ini

Agar-Mudik-Aman-Dengan-MootorHari raya sudah dekat dan musim mudik sebentar lagi akan meramaikan jalan raya dimana akan tumpah ruah berbagai jenis kendaraan bermotor memadati jalanan dengan barang bawaan beserta keluarga untuk menuju kampung halaman.

Bagi yang lebaran ini sudah merencanakan akan mudik dengan menggunakan motor matic kesayangannya, ada beberapa tips aman agar perjalanan kamu menyenangkan dan lancar maka jangan pernah mengabaikan beberapa hal berikut ini.

Periksa kondisi ban

Ini bagian pertama yang wajib kamu pastikan kelayakannya apakah masih dalam kondisi aman untuk menempuh perjalanan jauh dengan beban berat jika memang akan ada beban boncengan di tambah lagi barang bawaan.

Jangan memaksakan untuk berani jika kondisi karet ban sudah memasuki pemakaian 80%. Khususnya yang menggunakan ban dalam maka pastikan ban dalam tidak ada tambalan. Simak tips agar ban motor lebih awet.

Periksa fisik V-belt

Membuka cover V-belt tidak sulit dan hanya memerlukan alat sederhana maka sempatkan untuk melihat kondisi V-belt apakah masih aman dengan tidak ada tanda tanda retak atau terlalu kendur. Baca juga tanda atau gejala V-belt rusak.

Periksa kondisi kelistrikan

Hal ini untuk memastikan bahwa mulai dari aki hingga lampu lampu kontrol pada motor matic kamu semua masih bekerja dengan baik. Bahkan jangan mengabaikan kerusakan klakson serta fungsi lampu rem.

Pada musim mudik biasanya kendaraan akan padat maka semua bentuk control lampu yang merupakan isyarat2 harus berfungsi dengan sempurna agar tidak membingungkan untuk pengendara lainnya. Ini adalah tips agar lampu motor tidak mudah putus.

Sesuaikan muatan dengan dimensi motor

Ini adalah yang paling sering di abaikan oleh para pengguna motor matic. Biasanya mereka akan menempatkan banyak muatan di area depan hingga menghalangi gerak kemudi menjadi kurang nyaman.

Dengan muatan yang penuh, maka posisi kaki biasanya juga akan terganggu hal ini akan menjadikan gerak reflek kamu akan sulit jika mendadak ada sesuatu yang berbahaya.

Beberapa tips tersebut adalah yang paling vital untuk diperhatikan demi keamanan dan kenyamanan acara mudik kamu bersama keluarga yang tentunya sudah di tunggu sanak saudara di kampung halaman. Hati hati di jalan selalu waspada dan semoga selamat sampai tujuan. Amiiin.

Updated: June 21, 2016 — 5:49 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com