PACK DEKSEL MASALAHNYA?

Kembali tentang masalah saya kemarin tentang radiator dan masalahnya. setelah browsing, ketemu hasil diskusi di serayamotor seperti ini:

Air cadangan radiator sering keluar.nyembur dari reservoir/tangki cadangan? apa karena terlalu panas? apa karena radiator buntu? atau karena water pump gak fungsi? atau karena tutup radiator sdah minta di ganti?

Kasus ini mirip sekali dengan apa yang dialami mobil saya dan jawaban diskusi tersebut adalah sebagai berikut:

head-gasket-pack-deksel

saat mesin masih dingin, coba buka tutup radiator kemudian hidupkan mesin, kemudian sedikit di tekan gasnya, apabila air muncrat/ bergolak saat digas, kemungkinan besar itu kompresi bocor, sebabnya bisa karena pack deksel/kepala silinder rusak, atau kepala silindernya melenting. cek juga oli mesinnya, apakah ada indikasi tercampur air. biasanya juga apabila kebocoran cukup parah, akan ada keluar air / uap air dari knalpot secara berlebihan walaupun siang hari. mungkin bisa membantu.

 Komentar: Setelah saya lakukan pemeriksaan, ternyata benar sekali, air langsung muncrat saat di gas.

kalo waterpump berfungsi normal, biasanya masalah sekitar di head-cylinder, umum terjadi pada mobil yg sudah “hi-milleage”.
biasanya mulai terjadi sedikit kebocoran kompresi sehingga saluran pendingin ikut kena tekanan ruang bakar.
Cara test ini : jalankan di tol dgn kecepatan tinggi bbrp menit, setelah itu berhenti dan cek reservoir, kalo sampai luber biasanya krn mulai terjadi kebocoran kompresi.

Komentar: Yups, benar sekali, reservoir langsung luber saat mobil saya jalankan dengan kecepatan tinggi atau rpm > 2000

biasanya selain air di reservoir meluber saat panas, diikuti juga jarum temperatur naik secara perlahan…sampai akhirnya overheat. apabila mesin sdh mati / dingin air di radiator berkurang.

Komentar: Yups, tepat sekali, sama persis masalahnya.

Memang mesin overheat : hal ini dapat diseabkan oleh putaran kipas electric engine fan yang sudah mulai lemah sehingga tidak dapat menahan panas yang di timbulkan oleh mesin sehingga tekanan didalam ruang sistem pendingin mesin terus bertambah sampai meluberkan tabung.

Komentar: sekalian saya akan periksakan engine fan/ kipas radiatornya

Hasil forum ini:

  • masalah utamanya udah ketauan fan radiator gak jalan karena sekringnya mati udah di ganti ok . sekarang udah gak gebros lagi .cuma ditambah lagi ganti tutup radiator yang baru.
  • Ada benernya juga ..pernah kejadian pas waktu water pump radiator rusak yg mengakibatkan air radiator mengalir keluar abis dan saran dari tukang servicenya (by Phone) agar tutup radiatornya jangan di tutup full..setelah sampai ditempat.

Berarti penyebab gangguan pada radiator mobil saya kembali ke dua masalah:

  • pack deksel
  • waterpump

 Baca juga:

 

4 Comments

  1. Saya mau nanya tentang air cadangan radiator luber tetapi temparatur normal, tetapi pas pagi hari saya coba nyalain dengan ttup radiator di buka air radiator langsung naek padahal semua normal , gejala pertama dari air radiaotor cadangan yg naek, mohon pencerahaannya

  2. Maaf Pak saya Punya forklift Diesel kondisi sekarang Apabila Mesin Posisi panas RPM Langsam Kondisinya selang menuju reservoir berhembus dan coolant mendidih (water Pump, Thermostat sudah diganti baru dan Radiator sudah dibersihkan, saya lanjut buka tutup pengisian oli olinya nyiprat keluar dan distcik pengecekan oli kayak ada asap keluar serta posisi level oli mesin bertambah dari level seharusanya, apabila saya naikkan rpm asap hilang dan oli tidak muncrat, mohon arahannya pak. terima kasih.

  3. pak taruna saya waktu air radiatornya sering habis diganti pack deksel, tapi kadang penyakitnya kambuh lagi. kata orang bengkel seharusnya ganti nya pack deksel harus satu paket dengan komponen yang lain, tapi saya lupa komponen lain yg hrs diganti

1 Trackback / Pingback

  1. AIR RADIATOR MENDIDIH DAN MENYEMBUR KELUAR – Maticmotor.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*