Pasang Charger atau Cas HP Di Motor Memakai Kabel USB

Membuat-Charger-HP-di-Motor

Cara membuat dan pasang cas hp pada motor memakai kabel USB tidak sulit untuk dilakukan. Hanya memerlukan keberanian untuk sedikit membongkar kabel dan bisa menyolder komponen electronik sederhana pada papan PCB saja.

Peralatan yang diperlukan sangat mudah didapatkan pada toko komponen elektronik dengan harga yang cukup terjangkau.

Dengan prinsip dasar bahwa memanfaatkan sumber daya aki motor sebagai power bank maka kamu tidak perlu terlalu pusing dari mana untuk memperoleh arus listrik yang aman untuk melakukan pengecasan baterai hp kamu saat diperjalanan dengan motor.

Aki sepeda motor umumnya memiliki tegangan 12 volt, sedangkan input tegangan pada ponsel adalah sektiar 3,7 volt. Jika langsung dihubungkan dari aki ke Hp tentu saja akan kelebihan tegangan dan dapat menyebabkan kerusakan. Untuk itu diperlukan sebuah rangkaian regulator untuk menurunkan tegangan (stepdown) dari 12 volt menjadi sekitar 3,7 volt.

Komponen rangkaian membuat cas hp

Berikut ini adalah beberapa komponen yang perlu disediakan untuk memulai membuat rangkaian elektronik cas hp pada motor dan cara merakitnya.

  • PCB matrik
  • IC 7812 dan 7805
  • Kapasitor elco 2200uf/25v dan 220uf/16v
  • saklar
  • sekring
  • kabel
  • Box
  • USB (bisa menggunakan USB bekas)

Cara membuat rangkaian charger hp pada motor

Setelah bahan semua tersedia mulailah untuk memanaskan solder listrik dan siapkan timah solder untuk merangkai komponen pada PCB dengan skema atau diagram seperti gambar di bawah ini:

Membuat-Charger-HP-di-Motor

Pada kabel USB biasanya terdapat 4 jalur kabel yang mana paling kiri adalah kutub negative (GND) dan yang paling kanan adalah kutub positif arus listriknya. Sedangkan dua jalur kabel yang ada ditengah merupakan jalur data apabila USB sedang digunakan untuk melakukan transfer data (file) pada perangkat PC.

Untuk itu, rangkaian cas hp pada motor hanya memfungsikan dua jalur kabel yaitu negative dan positive yang akan disambungkan pada rangkaian elektronikanya.

Komponen saklar dipasang pada jalur aki yang masuk menuju rangkaian elektronik sebagai pemutus arus agar perangkat charger dapat di aktifkan dan di nonaktifkan dengan mudah.

Sekering dapat dipasang pada jalur output untuk menjaga ketika terjadi lonjakan arus listrik diluar tegangan yang di keluarkan oleh IC 7805 sehingga tidak membahayakan perangkat seluler kamu.

Cukup mudah bukan bagaimana cara membuat rangkaian cas hp di motor. Untuk membuatnya lebih praktis dapat kamu pakai box yang seukuran dengan kotak power bank ataupun bekas alat elektronik lainnya sesuai ukuran PCB dan dapat diletakkan pada lokasi yang paling aman di motor kesayangan kamu.

Jika kamu bisa merakitnya secara bolt on dengan dikemas dalam sebuah box yang praktis, tentu bisa menjadikan sebuah peluang usaha untuk dipasarkan. Lumayan hasil praktek kamu bisa membawa rejeki dan penghasilan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*