Motor Matic Loyo di Tanjakan: Analisa Penyebab dan Antisipasinya

Tenaga motor matic loyo saat menanjakPersoalan tenaga motor matic terasa loyo saat ditanjakan atau ketika menanjak seringkali dialami oleh pengguna skutik Yamaha seperti Mio, Fino, dan Mio J demikian juga untuk beberapa merek pabrikan lainnya.

Kondisi seperti ini tentunya sangat riskan jika terus berlarut tanpa adanya upaya perbaikan dengan cara mencari sumber permasalahannya terlebih dahulu.

Sumber masalah tenaga motor matic loyo saat menanjak

Dituturkan oleh seorang mekanik dari bengkel resmi Yamaha yang ada dikota Malang, Jawa Timur, menyampaikan bahwa sumber masalah yang memicu hilangnya tenaga motor matic ketika sedang menanjak adalah selang vacuum karburator yang terhubung dengan intake manifold.

Komponen ini berfungsi selayaknya sebuah kran bensin yang akan membuka dan menutup proses hisapan bahan bakar menuju karburator yang akan diteruskan ke ruang bakar.

Agar proses pembakaran sempurna, maka selang ini harus kedap udara bahkan kebocoran sedikit saja akan besar sekali dampak yang ditimbulkan terhadap tenaga motor yang dihasilkan. Baca juga tentang analisa masalah motor matic bergetar.

Masalah pada komponen CVT

Sumber masalah pertama telah diketahui, berikutnya adalah menuju pada analisa kedua yang juga dapat berpengaruh pada tenaga motor loyo saat dibawa menanjak.

Didalam box CVT terdapat beberapa komponen seperti kampas ganda, mangkok ganda, v-belt, sama roller. Jika ada salah satu saja dari bagian-bagian tersebut mengalami aus, atau rusak maka sudah pasti pengaruhnya sangat besar pada tenaga motor.

Pada komponen CVT ini tidak akan pernah bisa direkayasa untuk dapat memberikan hasil optimal, jadi sebagai solusi final adalah dengan mengganti bagian yang sudah dinyatakan aus.

Harga kampas ganda sekitar Rp 270 ribu, Mangkuk ganda Rp 180 ribu, V-belt Rp 90 ribu, Roller Rp 115 ribu dan biaya servis yang dipatok biasanya kisaran antara 30 ribu sampai 50 ribu. Simak juga tentang perlunya memeriksa kopling ganda motor matic.

Updated: November 30, 2016 — 6:15 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com