Penyebab motor matic cepat jebol dan turun mesin

Agar-motor-matic-awet-digunakanSiapapun pasti ingin motornya bisa lebih awet meskipun sudah lama dipakai. Khususnya motor jenis matic memerlukan perlakuan yang berbeda dengan model kendaraan bermotor roda dua lainnya.

Selain mudahnya operasional skutik yang tanpa ribet, tentu ada beberapa hal yang wajib kamu pahami untuk menghindari sesuatu yang dapat berakibat fatal.

Kesalahan memperlakukan motor matic yang berakibat fatal

Berikut adalah yang perlu diperhatikan bagi semua pengendara motor matic untuk menjaga kinerjanya tetap prima.

Kebiasaan memuntir gas secara spontan

Pada kendaraan skutik memang cukup memerlukan pengaturan gas dan rem ketika sedang berjalan.

Akan tetapi melakukan putaran gas yang se enaknya akan berakibat buruk pada komponen roler dan V-belt bahkan hingga bearing as roda. Sebab motor matic memang di desain tidak untuk akselerasi secara instan.

Demikin pula sebaliknya jangan menurunkan gas dengan mendadak saat kecepatan tinggi juga akan membuat deselari yang menghentak V-belt beserta komponen yang berkaitan lainnya.

Modifikasi yang berlebihan

Seperti halnya modifikasi ban yang terlalu besar akan memberatkan mesin yang mana dari pabrikan sudah dihitung koefisiennya terhadap kecepatan, borosnya bahan bakar serta beban puntir yang semakin berat.

Penggunaan oli pelumas mesin sembarangan

Sistem mesin motor matic sangat berbeda dengan mesin bertansmisi manual.

Pada motor matic memiliki 2 ruang pelumasan yaitu untuk mesin dan untuk transmisi (gear box).

Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda dan tidak dapat saling menggantikan. Simak juga tentang memilih oli yang tepat untuk motor matic.

Jangan salah pilih bahan bakar

Untuk type motor matic injeksi wajib menggunakan bahan bakar berokatan tinggi agar menghasilkan pembakaran yang sempurna dan penggunaan bahan bakar tidak menjadi boros.

Untuk pilihan saat ini di SPBU bisa menggunakan pertalite ke atas karena memiliki nilai oktan yang lebih baik dari pada jenis premium.

Updated: November 30, 2016 — 6:41 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Maticmotor.COM © 2016 maticmotor.com