Tips Cara Membedakan Busi Asli Atau Palsu Dipasaran

Beda busi NGK asli dan palsu

Beda busi NGK asli dan palsuMengetahui perbedaan atau cara membedakan busi asli dan yang palsu harus bisa memahami tanda serta ciri cirinya, dan sebenarnya memang cukup sulit bagi yang masih awam dengan komponen motor ini.

Sekarang konsumen diharapkan lebih teliti ketika berbelanja spare part di toko onderdil, karena peredaran barang palsu semakin marak dan hal ini tentu saja akan berakibat fatal terhadap motor yang menggunakan komponen palsu tersebut.

Bagaimana cara mengetahui perbedaan busi asli dan palsu?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, maka dikutip dari salah satu media otomotif ternama yang melakukan wawancara dengan technical support dari PT NGK Busi Indonesia menjelaskan mengenai spesifikasi produknya.

Dituturkan bahwa busi NGK asli dilengkapi dengan komponen sheet packing dan wire packing pada bagian atas dan bawah dalam busi.

Sehingga perbedaan yang paling mencolok adalah karena busi palsu tidak menggunakan komponen tersebut maka dampaknya adalah packing busi serta bagian lainnya akan mudah goyang.

Fungsi utama dari kedua packing tersebut adalah menjaga kualitas busi terutama untuk menahan getaran dan anti kebocoran.

Jadi memang perbedaan busi asli dan palsu tidak akan langsung tampak secara kasat mata, namun hal ini dapat diketahui setelah pemakaian selang beberapa jam pada kondisi mesin motor bekerja.

Untuk busi palsu biasanya setelah terkena panas mesin kemudian busi dilepas maka ada ciri ciri bahwa packing busi menjadi goyang bahkan terkadang bisa dilepas memutar melalui ulir busi.

Untuk ciri ciri busi palsu khususnya merek NGK juga dapat diamati dari warna keramiknya yang mengkilat putih terang berbeda dengan busi NGK asli yang mana keramiknya berwarna putih agak doff.

Simak juga ulasan mengenai tips agar busi tidak cepat hitam dan mati serta artikel yang membahas tentang masalah mesin motor yang terlalu cepat panas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*