Mengatasi masalah rem cakram masuk angin dan penyebabnya

Mengatasi Rem Cakram Masuk Angin

Mengatasi Rem Cakram Masuk AnginIstilah memperbaiki rem cakram yang masuk angin sering kali kita dengar dari beberapa orang yang mendapati kondisi perangkat penghenti laju roda ini sedang kurang pakem alias ngempos.

Rem cakram pada sepeda motor maupun pada mobil bekerja secara hidrolik yaitu dorongan minyak yang dipompa.

Gejala rem masuk angina ditandai dengan daya cengkeram yang tidak optimal meskipun pedal atau tuas rem sudah ditekan cukup dalam.

Penyebab rem cakram motor masuk angin dan cara mengatasinya

Persoalan timbulnya kondisi ini karena terdapat angin palsu atau udara yang menyususp didalam selang rem sehingga kepadatan minyak tidak bisa maksimal.

Faktor penyebab utama adalah suhu minyak rem yang panas kemudian menimbulkan buih dan inilah sumber udara tersebut berasal.

Meskipun tidak pernah terkontaminasi dengan udara luar, timbulnya udara didalam selang rem juga akibat dari kualitas minyak rem yang buruk sehingga memiliki titik didih rendah.

Dari proses pengereman akan menimbulkan panas yang cukup tinggi dan apabila menggunakan minyak rem dibawah standartnya maka resiko akan terjadi perubahan zat cair menjadi gas tidak dapat dihindarkan lagi.

Untuk mengantisipasi hal ini, diharapkan supaya menggunakan minyak rem yang memiliki standart seperti DOT3 atau DOT4 dan bukan minyak curah (eceran).

Cara mengatasi rem cakram masuk angin adalah dengan membuang udara yang terjebak didalam selang hingga pada bagian caliper sampai tuntas.

  • Buka penutup tabung (tempat) minyak rem atas.
  • Kemudian buka atau kendurkan nepel minyak yang berada di caliper sampai minyak bisa menetes.
  • Isi minyak secara terus menerus jangan sampai tabung kosong.
  • Perhatikan minyak yang menetes dari nepel bawah jangan sampai terdapat gelembung.
  • Jika minyak yang mengalir dari nepel sudah padat, segera kencangkan nepel sampai minyak mampat.
  • Isi penuh tabung atas dan tutup rapat jangan sampai bocor.

Beberapa orang memiliki teknik lain yaitu dengan cara memompa mompa pedal rem agar bisa membuang angin.

Namun jika memiliki stok minyak rem akan lebih manjur menggunakan cara diatas sekalian untuk mengganti minyak lama menjadi lebih bersih. Simak juga cara mengatasi rem cakram berdecit berisik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*